Home » » Pesona Danau Limboto

Pesona Danau Limboto

Written By admin on 5.7.13 | 5.7.13

Pesona Danau Limboto

Danau Limboto seluas 3.000 hektar jelas memiliki peran penting bagi wilayah sekitarnya sebagai daerah resapan air bagi daerah di sekitarnya. Letak administratif danau ini berada di Kecamatan Limboto, Gorontalo. 
Selain memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat sekitarnya, danau ini adalah salah satu tempat yang menarik sebagai tujuan wisata. Pagi hari ataupun menjelang senja merupakan waktu paling baik untuk mengunjungi Danau Limboto. Saat Matahari terbit atau tenggelam, pemandangan danau kian semarak oleh kilau cahaya Matahari yang jatuh di permukaan air danau dan warna langit yang berubah warna.

Memancing, berkeliling danau dengan berperahu, atau menikmati pemandangan bunga teratai dan eceng gondok mekar adalah beberapa daya tarik yang dapat Anda lakukan di danau ini. Kekayaan danau berupa ikan air tawar pun dapat dimanfaatkan untuk memancing. 

Danau Limboto juga merupakan muara dari lima sungai besar, yaitu: Sungai Bone Sungai Bolango, Sungai Daenaa, Sungai Alo, Sungai Bionga, dan Sungai Molalahu. Air Danau Limboto dialirkan melalui Sungai Topadu yang bermuara di Teluk Tominidengan jarak sekitar 10 km.

Pada era 1950-an, danau yang memiliki kedalaman hingga 27 m ini pernah menjadi landasan mendarat bagi pesawat amphibi yang ditumpangi Presiden Soekarno. Bung Karno saat itu tengah melakukan kunjungan ke Gorontalo. Sayangnya, kian tahun danau ini semakin dangkal saja. Diperkirakan saat ini kedalaman danau hanya sekira 3-7 m saja. Pendangkalan Danau Limboto diakibatkan oleh erosi dan sedimentasi  yang diakibatkan kegiatan pertanian yang tidak mengindahkan konservasi tanah dan pembukaan hutan. Hal ini hendaknya menjadi perhatian bagi pihak terkait mengingat peran penting danau tersebut. 


Di Danau Limboto yang luas terdapat banyak kegiatan rekreasi yang dapat Anda lakukan. Mulai dari duduk-duduk santai di tepian danau sambil menikmati pemandangan atau sekedar memancing atau mengarungi danau dengan perahu sewaan. 

Mengunjungi danau pada pagi atau senja hari disebut-sebut sebagai waktu terbaik. Pada saat-saat tersebut, sinar Matahari pagi akan memberi nuansa tersendiri bagi pemandangan di sekitar atau di permukaan danau. Menghabiskan sisa hari sambil duduk dan bercengkerama bersama orang-orang terdekat tentu menyenangkan. Bonus lainnya saat mengunjungi danau saat sore hari adalah kehadiran burung-burung liar yang beterbangan bebas di sekitar danau. Jangan lupa untuk mengabadikan pesona keindahannya dengan kamera Anda. Apabila beruntung berkesempatan datang ke Danau Limboto pada saat musim berbunga maka pemandangan yang terhampar di depan mata jauh lebih menarik lagi. Eceng gondok dan gelagah yang tumbuh di permukaan danau memiliki bunga yang menarik dan menebarkan aroma bunga yang wangi khas. Selain eceng gondok dan gelagah, bunga teratai tak mau ketinggalan menambah keindahan Danau Limboto. Banyaknya pedagang-pedagang di sekitar danau menambah ramai suasana dan dapat menjadi alternatif wisata kuliner khas Gorontalo sambil menikmati senja dan menyambut lampu-lampu menerangi gelap malam. Sajian khas berupa ikan bakar air tawar seperti nila, mujair, dangabus yang disajikan bersama sambal dabu-dabu bisa menjadi pilihan. Ikan-ikan tersebut dijamin segar sebab hasil tangkapan sendiri. Anda bahkan dapat menangkap sendiri ikan air tawar di Danau Limboto dengan cara memancing. Apabila tak cukup puas memancing di tepian danau, dapat pula mencoba keberuntungan dan mengasah keahlian memancing dengan menumpang perahu ke tengah danau. Jangan lupa untuk membawa alat pancing Anda dan bersiap-siaplah menikmati potensi dan keindahan danau yang sayangnya kian tahun kian dangkal ini. Setelah lelah memancing dan ingin menikmati hasil tangkapan, Anda dapat membawanya ke warung-warung makan terdekat yang bersedia mengolah hasil memancing Anda. Sajian makanan hangat yang disantap bersama orang-orang terdekat berlatarkan pemandangan danau yang memikat tentu kian nikmat. (indonesiatravel)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus