Home » , , » 5 Wisata Petualangan Ekstrem di Indonesia

5 Wisata Petualangan Ekstrem di Indonesia

Written By id bloggerbuzz on 14.11.13 | 14.11.13



Indonesia ternyata memiliki banyak wisata petualangan lain yang tak kalah menantang adrenalin. Burufly melansir lima petualangan paling ekstrem dan paling keren di Indonesia, yang mungkin belum semua kalangan mengetahui keberadaannya.

1. Wisata Petualangan Bahari: Memancing Lobster di Gunung Kidul

Dengan peralatan modern berteknologi tinggi sekalipun, lobster adalah salah satu makhluk yang paling sulit ditangkap. Lantas, bagaimana cara nelayan tradisional di wilayah Gunung Kidul bisa mengakalinya? Ternyata, mereka harus menggunakan kereta gantung setinggi 50 meter yang dikerek menggunakan tangan untuk menyeberang ke pulau karang kecil sejauh 100 meter di atas laut dengan hempasan ombak yang cukup besar.

Hebatnya lagi, kereta gantung tersebut hanya mampu memuat satu orang, dan ditambah dengan terpaan angin yang mengguncang tubuh, seakan menguji nyali penumpang yang ada didalamnya. Untuk mendapatkan lobster, mereka pun harus sabar menunggu sampai berjam-jam lamanya, ditambah dengan hasil tangkapan yang tidak bisa dibilang banyak untuk dibawa pulang.

Namun, sambil menunggu lobster memakan umpan yang dipasang, ada banyak waktu untuk mengagumi bentangan laut yang mempesona, sambil mendengarkan kisah para nelayan tangguh, dan membawa pulang kenangan tak terlupakan dari wisata petualangan paling langka di Indonesia.


2. Wisata Petualangan Arsitektur: Rumah Pohon Korowai di Papua

Suku Korowai yang ada di bumi Papua, paling senang memamerkan kemampuan mereka dalam menguasai hutan rimba di sekitarnya, dan penduduk dari desa tetangga, akan kemampuan mereka dalam menguasai alam raya. Mereka menunjukkan kedigdayaannya, dengan membangun rumah tinggal diatas pohon raksasa, dengan tingkat ketinggian yang tidak pernah terbayangkan oleh siapapun juga.

Menyaksikan pembangunan rumah pohon Korowai yang ada di wilayah Papua Tenggara (Asmat, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Mappi, atau Boven Digoel) menjadisebuah wisata petualang yang membutuhkan nyali besar. Hebatnya, rumah pohon Korowai dibangun secara manual dengan alat-alat tradisional, dengan bahan ranting-ranting pohon dan papankayu tipis. Tinggi rumah bisa mencapai 10 hingga 25 meter di atas permukaan tanah.


3. Wisata Relawan: Volunter di Taman Bacaan Pelangi, Manggarai, Flores

Ingin bertualang seru tapi malas berurusan dengan sensasi adrenalin?Untuk sebagian petualang, wisata jenis ini mampu memperkaya jiwa. Salah satu tempat yang bisa dituju adalah 26 lokasi terpencil di Indonesia Timur - dengan perpustakaan perdana ada di Rowe, Manggarai Barat. Sebagian Taman Bacaan Pelangi terletak di tepi pantai-pantai yang tenteram, dalam bangunan bersejarah, atau rumah adat yang kaya dengan cerita rakyat.


4. Wisata Petualangan Olahraga; Ekstremnya Paralayang di Matantimali

Wilayah Palu mungkin memang tidak seterkenal ibukota provinsi lainnya di Sulawesi, seperti Makassar ataupun Manado. Untuk kalangan penggemar sensasi adrenalin tingkat tinggi, bermain paralayang di Palu menjadi wisata petualangan yang belum tentu bisa dialamisemua orang.

Dari tebing Matantimali pada ketinggian 1,100 meter dpl, nampak bukit-bukit dataran tinggi Sigi yang rimbun menghijau, kemilau tepi laut Teluk Palu, dan panorama kota Palu yang dinamis.


5. Wisata Petualangan Ritual: Ritual Kebo-Keboan di Banyuwangi

Sejumlah lelaki yang kulitnya dihitamkan denganarang memakai kostum kerbau, memikul bajak, dan berman di lumpur sawah, sambnil diiringi musik drum band campur gandrung yang dinamis. Kebo-Keboan sendiri merupakan sebuah ritual kesuburan tanah yang biasanya diadakan di desa Alasmalan.

Tradisi tahunan suku Using ini, diiringi doa-doa khusus dan menampilkan penari-penari yang kesurupan, sehingga menjadi salah satu wisata petualangan paling langka di Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

FYI !! .. Harap Komentar Sesuai Konteks .. Terima Kasih..

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus