Home » » [VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka!

[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka!

Written By id bloggerbuzz on 29.7.12 | 29.7.12


[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka!

[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - Bersama dengan perkembangan jaman, teknologi media dan informasi juga turut mengiringi perkembangan tersebut. Penggunaan internet di Indonesia sekarang ini meningkat cukup signifikan. Para pengguna internet ini dapat digolongkan secara sederhana terdiri dari berbagai usia, golongan, dan kepentingan. Perkembangan teknologi ini akan menjadi tepat sasaran dan bermanfaat jika penggunaannya di sikapi dengan cara bijak.Penggunaan teknologi media dan informasi yang berbasis internet ini, secara sederhana terbagi menjadi 2, yaitu pemilik situs dan pengguna/ pengunjung layanan situs. Sejak era reformasi, mulai banyak situs-situs bermunculan. Hal ini sejalan dengan mulai terbukanya kebebasan berekspresi yang dilindungi oleh undang-undang. Situs yang bermunculan seperti cendawan dimusim hujan. Perlahan namun pasti pertumbuhan dan perkembangan situs-situs mulai dirasakan. Salah satu situs favorit saya adalah [VIVA.co.id]. Mengapa demikian? .. terus terang situs [VIVA.co.id] ini yang adalah notabene situs portal berita, menyediakan beragam berita dan informasi. Secara content dan disain saya sangat menyukai [VIVA.co.id]. Karena content yang beragam tidak penuh hanya dengan iklan-iklan dan disain yang sangat apik. Perbandingan iklan dengan berita sangat relevan. Karena [VIVA.co.id] merupakan portal berita, maka porsi berita, artikel atau informasi tentunya harus lebih mendominasi. Karena jika terlalu banyak porsi iklan, akan membuat rancu bagi pengguna / pengunjung dalam mencari berita/ informasi, tidak seperti situs lain yang iklan-nya berterbangan kemana-mana.

[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - VIVAsebar 100 hadiah


Tampilan Baru Portal [VIVA.co.id] Kini

[VIVA.co.id] yang dulu kini telah berubah tampilan. Tampilan  portal [VIVA.co.id] yang lama telah berganti dengan tampilan yang baru, yang lebih apik, bersih, informatif, komunikatif dan elegan. Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan tampilan baru portal berita ternama dan terbaik di Indonesia , [VIVA.co.id] dibawah ini :

[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka!

Analisa Tampilan Baru Portal [VIVA.co.id]

Tampilan baru atau wajah baru portal berita [VIVA.co.id] semakin keren dan elegan, tidak kalah dengan situs portal berita lainnya ( dalam maupun luar negeri ). Beberapa tampilan baru yang sangat menarik adalah ;
  • ( 1 ) Menu paling kiri atas ini menampilkan pengingat waktu untuk sholat dilengkapi dengan fasilitas suara adzan. Fitur ini sangat membantu mnegingatkan kembali, dan terutama dibulan ramadhan ini sangat membantu sekali.  
  • ( 2 ) Ini adalah logo brand portal berita [VIVA.co.id]. Bisa kita liat, betapa sederhana-nya logo brand  [VIVA.co.id]  tersebut. Sekalipun sederhana namun terlihat lugas, elegan dan tegas. Tidak terlalu banyak atribut yang tidak perlu. Hanya dengan menampilkan logo ( tanpa nama www.viva.co.id ) orang akan tau jika ini adalah member viva, atau bagian dari viva integrated media company.
  • ( 3 ) Masih di bagian kiri halaman baru situs [VIVA.co.id], terdapat navigasi bar atau pemandu menu untuk memudahkan pencarian berita/ informasi. Navigasi bar ini sangat sederhana, tidak banyak atribut. Jenis Font/ Tulisan menu yang ada di navigasi tersebut mudah terlihat dan dibaca. Dengan jarak yang tidak rapat, nampak jelas, pemilihan font yang tepat, dan juga ada breadcrumb/ menu dropdown yang berisikan sub menu dari menu yang telah dipilih. Dengan demikian selain secara tampilan eye catching, navigasi bar ini benar-benar berfungsi sebgai mana layaknya navigasi/ pemandu bagi pengguna. Sehingga pengguna dapat langsung menemukan apa yang dibutuhkan/ dicari.
  • ( 4 ) Menu shortcut lain yang berbentuk thumbnail. Thumbnail adalah Gambar preview yang berukuran lebih kecil dari ukuran aslinya.Thumbnail fungsinya buat mempercepat atau mempermudah dalam menemukan suatu gambar di tumpukan-tumpukan file.Kalo di web thumbnail dipake menarik perhatian orang. Pada menu thumbnail ini , akan membawa pengguna kepada berita/ informasi yang sedang menjadi fokus di [VIVA.co.id].
  • ( 5 ) Logo watermark VIVnews ( merupakan bagian dari viva.co.id ), ini tampil pada gambar slide show. Logo ini muncul ketika pengguna memilih set defaultnya ( no.30 ). Begitu juga gambar slide shownya secara otomatis akan mengikuti set default yang dipilih. Set default [VIVA.co.id] ini sendiri terdiri dari VIVAnews, VIVAlife, VIVAbola, VIVAblog. Urutan ini bisa berubah tergantung pengguna memilih set default yang mana.  VIVAnews ,  VIVAlife ,  VIVAbola ,   VIVAblog   inilah yang memiliki set default, dengan demikina akan memudah kan bagi pengguna untuk menentukan set default kesukaannnya dan menandai-nya / bookmark.
  • ( 6 ) Tampilan menu slide show yang proporsional. Tampilan gambar/foto dari berita/informasi ini nampak proporsional, baik dari segi penempatan, ukuran dan kejernihannya.
  • ( 7 ) Judul Berita pada gambar slide show terlihat jelas dan ukuran  serta pemakain font yang sesuai.
  • ( 8 ) Navigasi slide show gambar yang akan dipilih, terdapat keterangan,hal ini membuat pengguna dapat mudah memilih.
  • ( 9 ) Pada bagian ini merupakan keterangan singkat mengenai gambar yang ada di slide show.
  • ( 10 ) Pada bagian ini menampilkan sub menu newsviva dalam bentuk thumbnail dan rich snipet/ keterangan singkat. Ini merupakan integrasi yang baik dari navigasi bar menu news diatas (yang mengarah ke halaman VIVAnews) yang juga sama berisikan sub menu ini. Tampilan baru  [VIVA.co.id]  ini memberikan alternatif pilihan direct menu bagi pengguna. Alternatif pilihan sub menu dari menu utama VIVAnews ditampilkan dalam bentuk thumbnail dan snipet/ keterangan singkat, ini akan semakin memudahkan pengguna dalam mencari berita/ informasi tanpa perlu lagi mengarahkan kursor ke atas kembali, kembali ke menu news yang ada di navigasi bar. 
  • ( 11 ) Pada bagian ini, halaman   [VIVA.co.id], juga menampilkan pilihan thumbnails beserta judul. Tampilan ini berisikan dari artikel/ berita pilihan dari halaman yang ada di dalam  [VIVA.co.id] .
  • ( 12 ) Pada bagian kolom liputan khusus ini dari segi disain sangat baik dan sudah pasti proporsional.
  • ( 13 ) Pada bagian kolom ini sangat menarik. Karena halaman baru  [VIVA.co.id]  memberikan nuansa baru dan memanfaatkan teknolgi video sebagai salah satu fiturnya. Terlihat di pada bagian ini, ukuran kolomnya sudah sangat proporsional, tidak terlalu besar dan kecil. Namun yang terpenting adalah, pengguna/ pengunjung semakin dimanjakan dengan pilihan kemudahan dalam mencari berita/ informasi. Dan juga berkaitan dengan kolom video berita ini, pengguna yang ketinggalan berita/ tidak melihat berita atau lebih suka menonton berita di banding membaca. Maka fitur berita video ini sangat lah tepat.
  • ( 14 ) Kolom ini masih merupakan bagian dari kolom berita video. disini terdapat list video berita yang ada di   [VIVA.co.id].
  • ( 15,16,17) Pada bagian ini bagian dari   [VIVA.co.id]   yang dapat di ganti set default tampilannya. Pada bagian ini, kolomnya jga di lengkapi oleh thumbnails ,rich snippet dan sudah pasti judul sub menu dari masing-masing kolom ini, seperti pada  VIVAnews yang memiliki sub menu sendiri. Semua ini juga memudah kan pengguna saat mencari berita/ informasi yang diinginkannya.
  • ( 18 ) Pada bagian kolom paling bawah ini terdapat kolom VIVAforum. Kolom ini juga bagian dari menu navigasi yang kreatif. Kenapa demikian? karena biasanya untuk sebuah forum hanya berupa link di widget ( sisi kanan/kiri ). Pada halaman  [VIVA.co.id]  ini tampil beda dan kreatif, namun tentunya  [VIVA.co.id]  tetap mengutamakan kemudahan dalam mencari berita/informasi bagi penggunanya.
  • ( 19 ) Pada bagian bawah ini, seperti pada situs-situs kebanyakan yang berisikan tetantang kontak, tentang kami, disclaimer. namun disayangkan, untuk lowongan berada di paling bawah. Aakan lebih baik jika dikemudian hari dibuatkan sebuah kolom untuk lowongan kerja. Sehingga pada kolom tersebut bukan hanya berisikan lowongan internal dari  [VIVA.co.id]  namun juga lowongan umum lainya, dimana informasi tersebut akan sangat berguna bagi para pencari kerja. Dan kolom ini saya rasa akan menjadi nilai jual unik serta akan menambah pengunjung/ pengguna setia  [VIVA.co.id] . 
  • ( 20 ) Pada bagian ini, kita kembali ke ata halaman  [VIVA.co.id] , tepatnya sebelah kanan atas. Pada bagian, halaman  [VIVA.co.id]  menawarkan kotak pencari cepat ( quick search box). Hal ini berfungsi jika pengunjung/pengguna ingin langsung mencari dengan kata kunci sendiri. Selain kotak pencari cepat, terdapat pula tombol login untu anggota  [VIVA.co.id] . Oh ya, kalo jadi member/ anggota  [VIVA.co.id] , maka anda akan otomatis terdaftar pada bagian lain yang memerlukan login terlebih dahulu.
  • ( 21 ) Nah pada bagian ini, diujung navigasi bar, terdapat tombol indeks. Tombol ini berfungsi hampir mirip dengan kotak pencari cepat, namun tombol indeks ini sifatnya berdasarkan waktu penerbitan. Disini, lagi-lagi pengunjung/pengguna dimudahkan dalam mencari berita/ informasi yang sudah lama/ terlewatkan. Selain itu didalam menu ini sangat lengkap dan halamannya sangat proporsional, baik itu dari warna, font dan lain-lain.
  • ( 22 ) Di bagian ini terdapat berita video, nah ini lagi salah satu fitur yang memanfaatkan teknologi media dan informasi atau lebih tepatnya memanfaatkan teknologi media sosial yang juga populer dikalangan pengguna internet, yaitu YouTube. Meng-integrasikan YouTube kedalama portal  [VIVA.co.id]  ini sangat cerdik, kreatif dan pastinya informatif. Karena kembali harus diungkapkan, tidak semua pengunjung suka membaca, maka dengan adanya YouTube akan menambah alternatif pilihan dalam mencari berita/informasi pilihan.
  • ( 23 ) Pada bagian ini,  [VIVA.co.id]  memberikan banyak pilihan bagi pengguna agar terus bisa update berita/ informasi dari  [VIVA.co.id] . Disini pengguna dapat memilih mengikuti update tersebut melalui Desktop Alert, Facebook, Fan Page di Facebook, Twitter, Yahoo! pulse, Android launcher, Blackberry launcher, Symbian S60 launcher dan Chrome ext. Jadi untuk update dapat melaui soscial media atau gadget yang anda miliki.
  • ( 24 ) Pada kolom momentum ini, berita pada kolom ini disesuaikan pada momentim yang terjadi pada masanya. Menurut sepanjang pengetahuan saya, kolom ini cukup unik dan inovatif serta menambah menu navigasi pilihan dalam 1 halaman.
  • ( 25 ) Kolom ini semakin menambah variasi navigator pada halaman  [VIVA.co.id] . Selain short cut berupa menu, thumbnail, gambar dan kini di tambah link short cut berdasarkan berita terbaru dan berita terpopuler. Link dalam kolom ini berupa judul dari berita.
  • ( 26 ) Kolom wawancara ini sangat kreatif, ditempatkan pada kolom tersendiri sehingga memiliki kesan ekslusifitas.
  • ( 27 ) Kolom link kontes ini memiliki tampilan yang sederhana dan eye catching.
  • ( 28 ) Kolom ini menampilkan link tautan menuju bulletin info. Disainnya apik, sederhana dan proporsional.
  • ( 29 ) Pada kolom ini, akan ditemukan galeri foto yang menjadi trending topik. Cukup menarik dan kreatif dengan 1 foto besar di ikuti pada bagian bawah thumbnails foto beserta judul berita/ informasi.
  • ( 30 ) Pada bagian ini yang sangat menarik bagi saya. dan menurut saya ini sangat kreatif dengan memberikan pilihan setting pada tampilan halaman  [VIVA.co.id] . hal ini memberikan kesan personal bagi pengunjung. Pengunjung atau pengguna diberikan kebebasan untuk menentukan pilihan tampilan halaman  [VIVA.co.id]  sesuai dengan keinginan. saya sangat meng-apresiasi ide dari set default ini, sangat briliant, kreatif, dan inovatif.
  • ( 31 ) Kolom ini merupakan bagian dari menu navigasi yang akan membawa pengunjung atau pengguna ke menu VIVAsocio. salah satu sosial media dari  [VIVA.co.id] .
  • ( 32 ) Logo member viva pada halaman  [VIVA.co.id]  dibagian bawah kanan, sudah sangat tepat peletakan-nya dan terkesan elegan.

Akhir Berselancar Yang Menyenangkan di Portal [VIVA.co.id]

Pengalaman yang luar biasa berselancar mencoba seluruh menu dan fitur pada portal berita  [VIVA.co.id] . Kesimpulan tampilan baru portal berita  [VIVA.co.id]  sangat lengkap dan mudah digunakan sekalipun pengguna baru dan baru untuk kali pertama membuka portal viva.co.id. Seluruh fitur dan menu mendukung bagi pengguna/ pengunjung, seolah-olah pengguna/ pengunjung dibimbing untuk dapat dengan mudah menemukan apa yang dicari. Banyak menu dan fitur yang sangat mudah digunakan oleh pengguna setia maupun pengunjung yang baru mencoba, menu yang ada tidak membuat pengguna atau pengunjung tersesat. Mengapa dikatakan tersesat? karena kadang kala ada halaman situs yang memiliki sistem navigasi bar / menu yang membingungkan. Belum lagi ditambah oleh iklan-iklan yang saling tumpang tindih mencari tempat kosong. Jika dibandingakn dengan portal [VIVA.co.id], tampilannya bersih, sederhana, mudah dipahami, elegan, tegas dan lugas. Semua kolom memiliki porsi masing-masing dengan batas yang jelas dan sesuai. Penempatan iklan juga tidak tumpang tindih sehingga kadang dengan banyaknya iklan yang ada pada suatu halaman situs, akan membingungakn pengguna atau pengunjung. Mengapa demikian? .. coba saja anda sendiri mencoba mencari informasi melalui serach engine, sebut saja google. Dari google anda di arahkan ke sebuah situs, nah dengan menemukan informasi berdasarkan kata kunci, maka harapan anda segera menemukan informasi yang dibutuhkan, benar/ tidak ?. Namun pada saat anda membuka halaman situs tersebut, ternyata sistem navigasi bar / menu tidak teratur atau anda hampir tidak bisa membedakan mana content dan yang mana iklan. Tentu saja hal ini akan membuat kecewa dan tidak akan mengunjungi situs tersebut lagi. Nah, ini lah analogi tentang navigasi bar / menu yang bijak dan baik akan membuat pengguna semakin setia dan pengunjung baru tidak merasa kecewa. Hal ini saya alami pada portal [VIVA.co.id], sistem navigasi bar/ menu, penempatan kolom, pemilihan jenis font, ukuran font, kombinasi warna, pemilihan warna background, pemilihan aplikasi tambahan seperti social media ( YouTube dll ), pemilihan topik dan lain-lain membuat berselancar di [VIVA.co.id] semakin menyenangkan dan mendapatkan apa yang dicari. Jadi garis besar dari semua ini, adalah tampilan baru portal [VIVA.co.id] memberikan yang terbaik ( segi  tampilan portal dll, dan dari segi content ) untuk kemudahan, kenyamanan dan kebaikan pengguna disaat berselancar diportal [VIVA.co.id]. Pokoknya [VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka!

[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - VIVAnews


[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - VIVAlife

[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - VIVAlog

[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - VIVAbola

[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - VIVAforum
[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - VIVAsocio
[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - I'm Following

[VIVA.co.id] Seratus Persen, Suka! - #VIVAcoid



Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus