Home » » Aksi Pendidikan untuk Indonesia-ku

Aksi Pendidikan untuk Indonesia-ku

Written By id bloggerbuzz on 13.11.12 | 13.11.12


“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno)- Aksi Pendidikan untuk Indonesia-ku

Indonesia, merupakan negara kepulauan yang kaya raya akan seni, budaya, bahasa, keindahan alam dan sebagainya. Tak akan cukup kata-kata untuk menggambarkan tentang Indonesia-ku, bumi nusantara tercinta. Kondisi bangsa yang bisa kita rasakan sekarang ini tak lepas dari peran para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Jiwa dan raga telah dikorbankan hanya demi ‘Indonesia Merdeka!!’.

Aksi Pahlawan untuk Indonesia-ku

Dahulu, para pahlawan berperang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Kini giliran kita sebagai generasi muda untuk ‘berjuang’ dalam mengisi kemerdekaan ini. Mengapa demikian? sebab kemerdekaan yang telah didapatkan akan menjadi sia-sia jika tidak di isi oleh sesuatu yang positif/ konstruktif. Sebagai generasi muda penerus cita-cita bangsa, sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban untuk mengisi kemerdekaan ini. Terus bagaimana caranya? .. Banyak hal yang dapat generasi muda lakukan untuk turut serta mengisi kemerdekaan ini. Mungkin salah satunya adalah turut serta berperan aktif dalam pendidikan. Loh kok pendidikan, mengapa harus pendidikan yang dipilih? karena dengan pendidikan kita ikut memajukan bangsa. Hmm... masih belum paham? .. begini, coba kita bayangkan kembali pada jaman penjajahan. Pada masa itu dengan mudah para penjajah melakukan ‘adu domba’ antar sesama warga negara Indonesia, memanipulasi secara politik serta ekonomi dan juga kekayaan alam kita juga direnggut. Kenapa itu bisa terjadi? karena pada masa itu tingkat pendidikan dan pengetahuan masyarakat kebanyakan masih rendah. Sehingga dengan mudah diadu domba, dimanipulasi dan diperdayai hasil buminya. Namun karena jasa para pahlawan, beliau-beliau berhasil menghentikan semua itu. Nah berdasarkan sejarah ini-lah generasi muda seharusnya belajar, bahwa dengan pendidikan bisa turut mengisi kemerdekaan dan juga memajukan bangsa Indonesia tercinta.

Aksi pendidikan untuk Indonesia-ku

Untuk menghargai jasa para pahlawan dan juga untuk mengisi kemerdekaan, aksi yang akan saya lakukan adalah melalui pendidikan untuk Indonesia ku. Mengapa aksi pendidikan untuk Indonesia-ku menjadi landasan utama? Karena dengan pendidikan maka kita telah menghargai jasa para pahlawan dan membangun bangsa yang besar ini. Pendidikan dapat membangun karakter bangsa serta membakar semangat nasionalisme. Ada beberapa aksi pendidikan untuk Indonesia-ku yang dapat dilakukan, diantaranya adalah;
  1. Aksi Pendidikan Moral untuk Indonesia-kuAksi pendidikan moral ini sangat diperlukan sebagai landasan dasar sebuah bangsa yang besar. Mengapa demikian? karena dengan moral yang baik maka segala penyimpangan dapat diminimalisir termasuk didalamnya Korupsi. Pendidikan moral ini dapat ditanamkan sejak dini, dimulai dari lingkurangan leuarga,masyarakat dan sekolah. Semua urut berperan dalam mendidik moral generasi penerus bangsa. Cara yang dilakukan dalam memberikan pendidikan ini bisa melaui cara formal maupun non formal, disesuaikan dengan konteks serta tingkat kebutuhannya.
  2. Aksi Pendidikan Sejarah untuk Indonesia-kuPendidikan sejarah, kenapa musti pendidikan sejarah ? Karena sejarah masa lalu lah masa depan yang kita rasakan saat ini ada. Untuk itu sangat penting bagi generasi muda mengetahui sejarah bangsa ini dan merawat peninggalan-peninggalan bersejarah.  Dengan mengetahui dan merawat itulah kita turut menghormati jasa para pahlawan-pahlawan bangsa. Seperti kutipan pidato dari Bung Karno“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961). Bagaimana cara mengetahui dan merawat peninggalan bersejarah? ..  hal yang sederhana untuk turut merawat peninggalan bersejarah adalah tidak mengotori tempat/lingkungan/daerah bersejarah. Selain itu generasi muda harus ikut mendukung adanya pelestarian cagar budaya, seperti gedung-gedung tua, situs bersejarah dan lain-lain.
  3. Aksi Pendidikan Lingkungan untuk Indonesia-kuAksi peduli lingkungan ini dapat dilakukan dengan mulai menanam pohon produktif dihalaman rumah, tidak membuang sampah sembaranga tempat, memilah dalam membuang sampah, membuat sumur resapan dihalaman rumah dan lain-lain. Untuk skala yang lebih besar adalah membuat gerakan semut bersih. Mengapat semut bersih?.. generasi muda atau kita di ibaratkan sebagai semut yang bergotong royong mengadakan aksi bersih lingkungan dan aksi ini harus secara berkesinambungan .
Begitu pentingnya pendidikan bagi suatu bangsa. Pendidikan ini merupakan cerminan kemajuan sebuah bangsa. Dengan pendidikan generasi muda akan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak.

Berjuanglah, aksi pendidikan untuk Indonesia-ku harus terus maju

Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.” (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno)

Kutipan pidato Bung ini mengingatkan serta menginspirasi agar terus berjuang untuk mengisi kemerdekaan yang telah diberikan oleh para pahlawan bangsa.  Aksi pendidikan yang dilakukan oleh generasi muda, baik itu aksi pendidikan formal maupun non formal turut membantu membangun bangsa ini menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.  Jadi marilah kita berjuang dengan aksi pendidikan untuk Indonesia-ku dan harus yakin jika dengan pedidikan yang baik akan memajukan serta men-sejahterkan bangsa ini.  “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus