Home » » Mari Wujudkan Inovasi untuk Indonesia Mandiri

Mari Wujudkan Inovasi untuk Indonesia Mandiri

Written By id bloggerbuzz on 9.11.12 | 9.11.12

Mari Wujudkan Inovasi untuk Indonesia Mandiri



Inovasi untuk Indonesia Mandiri, sebuah kalimat singkat yang sarat makna. Makna yang terkandung di dalam kalimat tersebut menggambarkan bahwa inovasi sangat diperlukan untuk menciptakan Indonesia Mandiri.  Inovasi pada kalimat ini merupakan kata kunci. Inovasi dapat diartikan secara lugas sebagai suatu proses hasil pengembangan dan pemanfaatan mobilisasi ilmu atau pengetahuan,ketrampilan dan pengalaman untuk menciptakan dan (atau) memperbaiki suatu produk (barang/jasa), proses dan sistem yang baru. Hasil dari ini semua akan memberikan nilai yang berarti/signifikan.  Jadi Inovasi untuk Indonesia Mandiri adalah bagaimana menciptakan dan (atau) memperbaiki “sesuatu” (tergantung konteks yang ada) untuk menghasilkan sebuah nilai yang berarti/signifikan bagi kemandirian bangsa Indonesia. Kenapa perlu Inovasi untuk Indonesia Mandiri? .. Indonesia sebagai negara yang kaya akan seni,budaya,keindahan alam, sumberdaya alam dan lain-lain memerlukan pengelolaan yang tepat guna dan tepat sasaran. Mengapa pengelolaan  harus tepat guna dan tepat sasaran? .. karena dengan pengelolaan yang tepat guna dan sasaran akan menghasilkan kesejahteraan bagi  umum/masyarakat serta kemandirian bagi bangsa Indonesia.

Inovasi untuk Indonesia Mandiri

Inovasi untuk Indonesia Mandiri dapat dilakukan dari berbagai sektor,seperti  sektor Pertanian,sektor Energi, Air, sektor Teknologi Informasi dan lain-lain.  Untuk dapat mengetahui kenapa inovasi baru sangat diperlukan pada bidang yang telah disebutkan, dapat disimak dibawah ini;
  1. Inovasi untuk Indonesia Mandiri pada bidang Pertanian,peternakan,perikanan dan pengolahan pangan. Inovasi yang dapat dilakukan pada sektor pertanian secara garis besar adalah bagaimana mengembangkan/ memanfaatkan sebuah inovasi pada bidang pertanian,peternakan,perikanan dan pengolahan pangan yang ditujukan bagi kepentingan masyarakat. Pada bidang pertanian ini inovasi sangat diperlukan, karena Indonesia juga merupakan negara agraris dan juga negara maritim. Mengapa diperlukan Inovasi pada sektor ini? Karena mengingat Indonesia merupakan negara agraris dan juga maritim dengan sumber daya alam yang melimpah. Untuk itulah sangat dibutuhkan inovasi baru yang dapat mengolah dan mengelola sumber daya tersebut bagi kepentingan masyarakat. Sedangkan Inovasi dalam pengolahan pangan yaitu menciptakan alternatif dan variasi makanan sehat, dimana hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk mengkonsumsi makanan alternatif pengganti beras. Di beberapa daerah di Indonesia memang tidak mengkonsumsi beras sebagai bahan pokok, tetapi menjadikan sagu, jagung dan lain-lain sebagai bahan konsumsi pokok. Jadi titik berat inovasi pengolahan makanan ini, adalah bagaimana menciptakan inovasi yang bisa memberikan alternatif makanan sehat dan juga menciptakan makanan sehat yang memiliki nilai ekonomis. Sehingga sumber daya alam yang ada dapat benar-banar dimanfaatkan dengan bijaksana dan sebaik-baiknya. Serta dapat memberikan sumber mata pencaharian baru masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.
  2. Inovasi untuk Indonesia pada bidang Sumber Energi. Inovasi baru di bidang energi sangat diperlukan untuk mencari sumber energi alternatif lain yang mampu menggantikan sumber energi konvensional seperti minyak bumi. Dengan adanya inovasi baru dalam bidang energi, maka akan terjadi penghematan dan juga menjaga kelestarian alam serta sumber daya yang terdapat didalamnya.
  3. Inovasi untuk Indonesia pada bidang Pemberdayaan Air. Mengapa air perlu ada suatu inovasi baru? karena air merupakan salah satu kebutuhan pokok mahluk hidup termasuk manusia didalamnya. Kebutuhan pokok akan air seringkali sulit dipenuhi pada daerah tertentu atau dengan kata lain daerah tandus/ sulit air. Kebutuhan air yang layak untuk dikonsumsi seringkali menjadi kendala dibeberapa daerah di Indonesia, untuk itulah diperlukan sebuah inovasi baru agar tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih yang layak dikonsumsi.
  4. Inovasi untuk Indonesia pada bidang Teknologi Informasi. Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Teknologi informasi dan komunikasi selalu mengalami perkembangan setiap waktunya. Bidang ini juga membutuhkan sebuah inovasi yang dapat digunakan bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat dan harus memberikan dampak langsung yang nyata. Inovasi ini dibutuhkan agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara cepat dan akurat. Dengan adanya penyampaian informasi yang akurat dan cepat, maka  pengetahuan masyarakat terhadap sesuatu hal dapat bertambah dan ini dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.


Pentinganya Inovasi untuk Indonesia Mandiri

Inovasi-inovasi yang diciptakan memiliki perana yang sangat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia. Karena Indonesia yang kaya akan sumber daya alam perlu inovasi baru untuk mengelolanya agar dapat dinikmati oleh setiap warga negara Indonesia. Jika inovasi ada dan kesejahteraan masyarakat meningkat, maka Indonesia akan Mandiri. Tidak perlu lagi bergantung pada negara lain, namun kerjasama dan persahabatan tetap harus dijalin. Untuk mendapatkan sebuah inovasi baru, dibutuhkan riset yang mendalam setalah sebelumnya riset awal diselesaikan dan tentunya untuk membuat riset serta meng-implementasikannya dibutuhkan dana/modal bukan?.  Modal untuk riset lebih lanjut serta untuk penerapannya biasanya diperoleh dari pemerintah (kementrian/ departemen) sesuai dengan bidangnya masing-masing. Namun kini dana/ modal tersebut dapat diperoleh dari BUMN/swasta juga. Loh koq dari swasta?.. Iya benar, dana  tersebut dapat diperoleh dari BUMN/ swasta. Memangnya ada BUMN yang menyediakan dana/ modal untuk sebuah riset dalam konteks menerapkan inovasi baru? . Tentu ada, seperti Bank Mandiri, dengan  beberapa programnya mendukung inovasi-inovasi yang diciptakan bagi kesejahteraan masyarakat.  Program dari bank mandiri yang mendukung inovasi baru diantaranya adalah  Wirausahamandiri, Young Technopreneur dan Mandiri bersama Mandiri. Melalui program-progarm inilah bank Mandiri memberikan dukungannya terhdapa inovasi-inovasi baru yang dihasilkan oleh anak-anak bangsa. Dengan demikian inovasi yang sudah ditemukan/diciptakan dapat diterapkan dimasyarakat.


Mari Wujudkan Indonesia Mandiri

Untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri diperlukan inovasi-inovasi baru yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Kepedulian terhadap kondisi bangsa dan juga kepedulian untuk mengelola kekayaan alam Indonesia, merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itulah demi menciptakan Indonesia Mandiri, diperlukan inovasi-inovasi baru yang memiliki manfaat bagi masyarakat luas. Namun inovasi yang tercipta ini akan menjadi sesuatu hal yang sia-sia jika tidak diimplementasikan/ diterapkan didalam masyarakat . Kenapa demikian? karena seperti tujuan inovasi itu diciptakan untuk dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh masyakarat luas. Jadi sangat perlu sebuah inovasi yang ada agar segera diterapkan, agar masyarakat/ umum dapat segera merasakannya. Sejalan dengan semangat kebangsaan, kepedulian generasi penerus bangsa dan program bank mandiri, mari wujudkan Inovasi untuk Indonesia Mandiri.

Mandiri - Terdepan, Terpercaya, Tumbuh bersama Anda.


*Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus