Home » » Global warming sebabkan aktivitas gunung berapi naik?

Global warming sebabkan aktivitas gunung berapi naik?

Written By admin on 31.12.12 | 31.12.12

Global warming sebabkan aktivitas gunung berapi naik?



Menurut Anda, apakah melelehnya es dalam jumlah besar di kedua kutub bumi ini adalah penyebab dari meletusnya gunung berapi? Peneliti mengatakan, "Iya."

Para peneliti dari Jerman dan beberapa ilmuwan dari Harvard University, Cambridge, Massachusetts, mengemukakan bahwa melelehnya es secara global berimbas pada aktivitas gunung berapi.

Seperti dilansir Red Orbit, dengan mempelajari sejarah bumi, para peneliti menemukan periode aktivitas gunung berapi terkadang mengikuti periode dari meningkatnya volume temperatur global. Penelitian yang menghabiskan waktu selama lebih dari 10 tahun tersebut mengungkapkan bahwa ketika temperatur suhu global mulai naik, maka aktivitas gunung berapi juga akan meningkat.

"Bukti yang kita pelajari adalah ketika terjadi banyak gunung berapi meletus ketika di masa awal bumi terbentuk. Saat itu, temperatur global naik menyebabkan gugusan es mencari dan permukaan laut menjadi naik. Setelah naik, maka beban yang diterima lempeng tektonik semakin berat. Karena tidak berimbangnya antara berat yang diterima maka pergeseran mulai terjadi dan muncul gempa serta mengaktifkan 'sumbu' gunung berapi," jelas Dr Steffen Kutterolf, seorang Vulkanologi dari Jerman seperti yang dituliskan di jurnal Geology.com.

Apabila dipertemukan dengan keadaan sekarang ini, para peneliti meyakini bahwa global warming yang semakin menjadi sekarang dapat membuat banyak es di kedua kutub bumi akan segera mencair dengan cepat.

Apabila es di kedua kutub tersebut banyak yang meleleh, maka level air laut akan naik. sesuai dengan data yang mereka dapatkan, ada kemungkinan nantinya semakin banyak gunung berapi yang akan aktif.

Namun, para peneliti masih belum berani mengatakan bahwa global warming saat ini adalah murni perbuatan manusia. Mereka juga akan terus melakukan penelitian dan analisa seputar efek pemanasan global yang akan ditimbulkan di kemudian hari.(merdeka.com)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus