Home » » Eksotika Ambarawa yang Mempesona

Eksotika Ambarawa yang Mempesona

Written By id bloggerbuzz on 5.7.13 | 5.7.13


Di Ambarawa maka Anda akan merasakan sebuah kota di Jawa Tengah yang berhawa sejuk dengan sejuta pesona mulai dari keindahan panorama pegunungan, tempat wisata bersejarah, hingga aneka hidangan kuliner. Ambarawa dapat dicapai dengan berkendara selama setengah jam dari Semarang. Di kota Ambarawa Anda dapat menikmati kehidupan pedesaan khas Jawa yang sesungguhnya. Kota Ambarawa terletak sekitar 17 km sebelah utara Salatiga.

Di sini terdapat Museum Kereta Api Indonesia yang merupakan rumah bagi 21 lokomotif tua. Lokomotif tertua tersebut salah satunya adalah Hartmann Chemnitz yang berangka tahun 1891 dan masih sempat beroperasi hingga tahun 1970-an. Di dekat museum ini juga terdapat sebuah Gua Perawan Maria dan Jalan Salib yang dikelilingi oleh taman bunga dan kolam ikan. Sedikit kemudian Anda lanjutkan arah perjalanan ke barat tepatnya di dataran tinggi Dieng terdapat kuil kuno yang dikenal sebagai Gedong Songo yang dibangun antara 730 -780 M pada masa Dinasti Sanjaya.Juga tidak jauh dari Ambarawa terdapat perkebunan kopi Losari dan kota bukit Bandungan yang merupakan tempat rekreasi favorit di Semarang dan Yogyakarta.

Ambarawa dapat ditempuh sekitar satu setengah jam perjalanan dari Semarang, ibu kota Jawa Tengah, atau sekitar 2 jam dari Yogyakarta.Terminal bus Ambarawa disebut Terminal Bus Bawen. Jika Anda berada di Yogyakarta maka bisa pergi ke Stasiun Bus Giwangan. Jika Anda berada di Semarang, lanjutkan ke Terminal Bus the Terboyo, kemudian dari Ambarawa bisanya bus lagsung ke Yogyakarta.

Di Amabarawa ,anda dapat merasakan makanan yang khas. Makan di pedesaan Jawa Tengah tidak akan terlupakan, bukan hanya karena kelezatan rasanya di setiap gigitan sayuran yang dikukus, kari tradisional dan sate, tetapi juga untuk harga yang sangat terjangkau dan kadang akan membingungkan karena begitu murah harganya.

Serabi patut pula dicicipi seperti serabi ngampin atau serabi kucur yang  terkenal dengan rasanya yang manis. Serabi ini dimasak tradisional dan Anda dapat menemukannya hampir di sepanjang jalan antara Semarang dan Ambarawa. Deretan warung dicat biru siap menanti kunjungan Anda di sana. Kue beras semiyer juga lezat untuk dicoba. Kue ini bertekstur tipis namun renyah. Bahan utamanya adalah singkong yang tumbuh melimpah di daerah tersebut.

Pecel Mbok Kami dan Pecel Tukinem (didirikan oleh Veronica Tukinem) disebut-sebut menjadi salah satu makanan yang harus dicoba di Ambarawa. Makanan ini terdiri dari nasi putih dengan sayuran rebus dengan pasta kelapa di dalam daun pisang, ditambah beberapa kerupuk yang melengkapi kenikmatannya. Jika Anda ingin menambahkan beberapa pelengkap seperti ayam  goreng, telur, kari ikan, dan kari daging sapi, maka Anda tidak akan melupakan betap nikmat makanan ini. Untuk menikmati Pecel Mbok Kami dan Pecel Tukinem jangan lewatkan jam operasionalnya yaitu antara jam 7 pagi sampai 12 siang di sekitar Kantor Gotong Royong. Apabila Anda melewatkan waktu tersebut maka Anda bisa pergi ke rumah Nyonya Veronica Tukinem di Sanggrahan, dekat dengan sekolah teknik Dr Cipto.(indonesiatravel)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus