Home » » Indragiri Hilir Negeri Seribu Jembatan

Indragiri Hilir Negeri Seribu Jembatan

Written By id bloggerbuzz on 5.7.13 | 5.7.13

Indragiri Hilir Negeri Seribu Jembatan


Indragiri Hilir Negeri Seribu Jembatan, Indragiri Hilir merupakan kabupaten di selatan Provinsi Riau dengan ibu kotanya Tembilahan. Wilayah Indragiri Hilir merupakan dataran rendah berupa rawa (gambut) yang memanjang dari barat laut ke tenggara dan selatan.Ada banyak hal dapat Anda lakukan selama berwisata di Indragiri Hilir mengingat letaknya berdekatan dengan pusat pengembangan pariwisata nasional yaitu, Pulau Batam, Pulau Bintan, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun serta Tanjung Batu Kundur. Selain itu, Indragiri Hilir juga menjadi wilayah strategis bagi aktivitas ekspor lintas batas negara karena bertetangga dengan Singapura dan Malaysia. Kabupaten ini didukung empat pelabuhan laut, yaitu: Pelabuhan Kuala Enok, Pelabuhan Kuala Gaung, Pelabuhan Sungai Guntung, dan Palabuhan Parit 21 Tembilahan.

Upacara Semah Kampung menjadi sebuah atraksi budaya tradisional yang meenarik digelar setiap tahun oleh warga nelayan di Kampung Pelanduk. Menggelar sesaji tanda terima kasih kepada Tuhan atas kekayaan laut yang selalu mencukupi kebutuhan hidup mereka. Upacara ini lekat dengan corak budaya Melayu dengan nilai religi Islami.Menariknya daerah ini juga memiliki perairan, sungai, dan rawa yang dipisahkan oleh ribuan parit sehingga dijuluki “Negeri Seribu Parit". Ada pula yang menggelarinya ”Negeri Seribu Jembatan", itu karena akan Anda temui jembatan besar dan kecil setiap kurang dari 100 meter perjalanan.

Bukit Berbunga adalah lokasi camping ground  yang diselimuti kabut dan panorama alam dan pedesaan yang memikat. Tempat ini tepat untuk Anda yang berminat melakukan pejelajahan hutan dan mengamati beraneka ragam bunga dengan beragam warna dan aroma. Lokasinya berada di selatan Desa Batu Ampar, 4 km dari Selensen, ibu kota Kecamatan Kemuning. Untuk menuju ke sini Anda perlu melalui kaki bukit dengan menyeberangi 2 sungai kecil.
Air Terjun 86 mempunyai ketinggian 50 meter, nama 86 berasal dari yang terletak di kilometer 86 Jalan Raya Lintas Timur Sumatera. Untuk menuju lokasinya maka Anda perlu melalui perjalanan sejauh 14 km melewati jalan tanah dengan mengendarai sepeda motor atau jeep.

Bukit Api Panjang merupakan puncak bukit setinggi 60 meter dimana Anda dapat melihat rangkaian pulau yang tersebar di Provinsi Kepulauan Riau. Di hutannya terdapat beragam flora langka dalam jumlah besar seperti nibung (Oncosperma tigilarium) atau pohon palma liar.

Pantai Tertitip yang berpasir putih hanya berjarak 5 menit dari pelabuhan Sungai Guntung dengan perahu (pompong). Di lokasi ini terus dikembangkan menjadi kawasan wisata tirta dimana wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas rekreasi, hiburan, dan olah raga air.
Pulau Burung atau Pulau Berkanal memiliki keindahan alam berupa perkebunan, kelapa, nenas, tambak ikan dan udang. Nikmati berkeliling kanal memakai perahu (pompong) sembari mencicipi makanan dan minuman yang merupakan hasil perkebunan. Tempat ini dapat dicapai sekira 20 menit dari ibu kota Kecamatan Pulau Burung dengan menggunakan speed boat atau apabila dari arah kota Tanjung Batu di Kepulauan Riau  memakan waktu 15 menit.

Pantai Solop berada di jalur pelayaran Tembilahan-Pulau Batam. Keindahan pantai ini cukup menawan dengan keasrian alamnya terutama keunikan berupa kawasan lumpur berpasir putih dari kulit kerang-kerangan yang dibawa ombak ke daratan pantai.

Danau Tagaraja ini bernama Kolam Raja sebagai tempat pemandian dan sumber air bersih dari Kerajaan Kateman. Areanya sekira 100 hektar dan terus dikembangkan sebagai sumber penyediaan air bersih dan kawasan wisata dengan tempat wisata air dan resort. Lokasinya sekira 4 km dari kota Sungai Guntung yang dapat ditempuh dengan memakai sepeda motor pribadi atau menumpang ojek.

Di Desa Selensen dapat Anda nikmati pemandangan dari sebuah shelter dengan panorama berupa bangunan rumah tradisional melayu dinamakan Pesanggrahan.
Di Kecamatan Kemuning ada tujuan wisata menarik untuk dikunjungi seperti Air Terjun Tembulun Rusa, Air Terjun Selensen Salak, Goa Batu Leman, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, atau berarung jeram di Sungai Ngibul.

Makam Syech Abdurrachman Siddiq Al-Banjari, di Hidayat, tidak jauh dari Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri termasuk yang banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Ulama besar kharismatik tersebut dikenal sebagai sastrawan Islam yang handal dimana salah satu syair karyanya yaitu “Kabar Hari Kiamat” sering dipakai sebagai media dakwah hingga saat ini.

Selain wisata religi, Kecamatan Kuindra menyuguhkan obyek wisata berupa atraksi budaya suku laut. Anda dapat mengamati aktivitas nelayan setempat dengan sepotong papan meluncur di permukaan lumpur sambil mengumpulkan kerang. Selain itu, ada juga Concong Luar yang terkenal di kalangan masyarakat Tionghoa asal Singapura dan Malaysia sebagai tempat perayaan Cap Go.

Beberapa tujuan wisata sejarah di Indragiri Hilir antara lain adalah Makam dan Benteng Panglima (Pemimpin Tertinggi) Tengku Sulung, Makam Kudus di Kota Baru dan Rumah Kuning warisan Belanda di Desa Tanjung.(indonesiatravel)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus