Home » » Ngemil Sebelum Tidur, Bermanfaat?

Ngemil Sebelum Tidur, Bermanfaat?

Written By id bloggerbuzz on 22.7.13 | 22.7.13


Ngemil sebelum tidur bermanfaat?.. masa sih?.Bagi mereka yang sedang dalam proses diet ketat, makan malam pasti jadi waktu makan yang paling dihindari. Soalnya, selama ini diyakini bahwa makan malam akan membuat tubuh menggemuk. Padahal, makan malam tidak semerta-merta membuat Anda gemuk.

Bahkan, penelitian baru menunjukkan potensi manfaat jika Anda makan pada malam hari, selain dapat mengencangkan otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Lalu, apa saja manfaat makan atau mengudap di malam hari? Berikut ulasannya:

1. Metabolisme tubuh yang lebih cepat. Sebuah studi dari Florida State University menemukan bahwa ketika orang yang sehat biasa makan sekitar 150 kalori pada malam hari, dengan komposisi makanan yang terdiri atas protein atau karbohidrat. Hasilnya, mereka memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi di pagi hari daripada ketika tidak mengonsumsi apa-apa sebelum tidur.


2. Tidak menjadi kelaparan. Mengudap camilan sebelum tidur dapat mengurangi rasa lapar pada pagi hari, dan meningkatkan rasa kenyang menjelang waktu makan berikutnya, demikian menurut penelitian dari Florida State University. Apapun jenis makanan yang dikonsumsi pada malam hari tidak masalah, tetapi sebaiknya mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi, seperti biskuit dan keju, roti gandum dengan selai kacang, yogurt dengan buah-buahan, atau pisang.


3. Menambah massa otot. Dalam penelitian yang dipublikasikan tahun lalu di Medicine & Science in Sports & Exercise, para ilmuwan di Belanda menemukan bahwa mengonsumsi kasein (protein yang terdapat dalam susu) setelah olahraga 30 menit sebelum tidur malam bisa meningkatkan sintesis protein pada pria.


4. Berat badan yang rendah. Mengonsumsi sereal mungkin menjadi cara yang ideal untuk mengakhiri hari Anda. Dalam sebuah penelitian dari Wayne State University, orang yang makan sereal sebelum tidur mampu menurunkan berat badan sekitar 2 kg dalam empat minggu, sedangkan mereka yang tidak mengonsumsinya hanya kehilangan sekitar 0,2 kg.

*(kompas)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus