Home » » Layanan Drive Thru BI Mudahkan Penukaran Uang Pecahan Kecil Baru

Layanan Drive Thru BI Mudahkan Penukaran Uang Pecahan Kecil Baru

Written By id bloggerbuzz on 30.7.12 | 30.7.12


Layanan Drive Thru Mudahkan Penukaran Uang Pecahan Kecil Baru



Kebutuhan uang tunai masih dalam berbagai pecahan kecil selalu dicari oleh masyarakat menjelang lebaran. Uang tunai masih baru ini digunakan selain untuk membeli berbagai keperluan selama bulan ramadhan, juga dipergunakan sebagai pemberian angpau yang sudah menjadi tradisi sejak lama. Berbagai uang pecahan kecil baru yang tersedia sangat diminati oleh masyarakat yang ingin menukarkan uang. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil yang masih baru, BI ( bank Indonesia ) telah menyiapkan persediaan untuk penukaran uang tersebut.

Layanan Drive Thru Pertama di Indonesia


Hal yang menarik adalah semakin banyak pilihan untuk menukar uang pecahan kecil baru bagi masyarakat. Selain langsung melalui bank-bank yang ada, loket Bank Indonesia dan sekarang ada layanan Drive Thru. Seiring perkembangan jaman dan tuntutan flexibilitas, BI ( bank Indonesia ) menyediakan mobil kas keliling Drive Thru yang menyediakan penukaran uang pecahan kecil baru. Layanan Drive Thru dari mobil kas keliling BI ini merupakan layanan yang pertama ada di Indonesia . Layanan Drive Thru akan memudahkan masyarakat yang ingin menukarkan uang sambil lalu, tanpa harus memarkirkan kendaraan mereka. Mobil kas keliling yang disediakan oleh bank Indonesia ini menerima penukaran uang pecahan kecil baru. Hal ini telah dilakukan di sejumlah daerah, seperti jawa barat. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia atau BI Wilayah VI Jawa Barat dan Banten, Lucky Fathul Aziz Hadibrata, mengungkapkan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai bagi masyarakat, BI memberikan layanan penukaran uang tanpa ada pembatasan jumlah penukaran.


Layanan Drive Thru mobil kas keliling BI ini sangat membantu masyarakat yang ingin menukarkan uang dengan uang pecahan kecil yang masih baru. Rata-rata masyarakat menukarkan uang pecahan kecil mulai dari nominal Rp.20.000,- ke bawah. Dengan adanya terobosan baru dari Bank Indonesia berupa  mobil kas keliling BI untuk menukarkan uang pecahan kecil, sangat efektif dan efisien. Bagi masyarakat yang tidak sempat mengantri di bank, dapat memanfaatkan fasilitas ini. 

Keuntungan  Layanan Drive Thru

Keuntungan dari layanan Drive Thru ini, selain efisiensi juga masyarakat akan terhindar dari penukaran uang yang tidak jelas. Maksud dari penukaran uang tidak jelas, agar masyarakat terhindar dari mendapatkan uang palsu ketika bertransaksi menukarkan uang dengan uang pecahan kecil yang masih baru. Bank Indonesia juga menghimbau agar masyarakat tidak menukarkan uang kepada calo. Karena jika masyakarat menukarkan uang denga uang pecahan kecil yang masih baru pada calo, maka akan rentan mendapatkan uang palsu. Himabauan ini dikeluarkan oleh BI,pasalnya hingga Juni 2012 ini, BI menemukan uang palsu senilai 461,8 juta Rupiah yang beredar di seluruh Jawa Barat. Maka untuk keamanan dan kemudahan BI menyediakan mobil kas keliling yang menyediakan penukaran uang pecahan kecil yang masih baru. Berkaitan dengan hal ini, MUI Jawa Barat juga telah menyatakan bahwa menukarkan uang ke para calo adalah haram hukumnya, karena uang tersebut diperjualbelikan dengan adanya pemotongan jumlah uang sebagai imbalan penjualan.

Untuk kelancaran dan keamanan penukaran uang pecahan kecil yang masih baru, hendaknya melalui loket resmi seperti bank Indonesia, bank-bank yang ada dan juga pada layanan pertama kali di Indonesia, yaitu layanan Drive Thru. ( reff::voa)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus