Home » » 3 Tahap Penting 1000 Hari Pertumbuhan Anak

3 Tahap Penting 1000 Hari Pertumbuhan Anak

Written By id bloggerbuzz on 21.8.12 | 21.8.12

3 Tahap Penting 1000 Hari Pertumbuhan Anak -


Pemenuhan asupan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan anak sangat penting. Jika pada rentang usia tersebut anak mendapatkan asupan gizi yang optimal maka penurunan status gizi anak bisa dicegah sejak awal. fase yang harus diperhatikan dalam periode pertumbuhan anak adalah;

  1. Dalam kandungan ( 280 hari). Pastikan ibu memiliki status gizi baik sebelum dan selama hamil, tidak menagalami kekurangan gizi kronik dan anemia. Sealama hamil ibu mengkonsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan. Porsi yang kecil namun sering akan jauh lebih baik. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Suplemen zat besi (Fe), asam folat, vitamin C sangat dibutuhkan untu menjaga ibu dari anemia. Periksakan kehamilan secara rutin. Memasuki masa kehamilan trimester ke-3, sebaiknya pasangan suami istri sudah mendapatkan informasi tentang menyusui (ASI).
  2. 2.Usia 0-6 bulan (180 hari). Bayi yang baru lahir harus mendapatkan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Mendukung si ibu dalam emebrikan ASI ekslusif dan memantau perkembangan/ pertumbuhan bayi.
  3. Usia 6-8 bulan (60hari), 8-12 bulan (120 har) dan usia 12-24 bulan (360 hari). Pastikan ibu mengetahui jenis dan bentuk makanan yang akan diberikan. Frekuensi pemberian makanan juga harus diperhatikan dan tepat. Transisi pemberian makanan mulai dari makanan cair atau lumat (6-8 bulan), lembek dan lunak/semi padat (8-12 bulan) dan padat (12-24 bulan) harus di ketahui oleh ibu dan pasangannya. Pasangan/ suami memberikan dukungan bagi ibu untuk memberikan ASI eksklusif, mengolah dan memilih makanan yang bernilai gizi tinggi. Serta memantau pertumbuhan dan perkembangan anak secara teratur. 

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus