Home » » Cara Menghemat Baterai Smartphone

Cara Menghemat Baterai Smartphone

Written By admin on 18.10.12 | 18.10.12

Cara Menghemat Baterai Smartphone (ilustrasi)


Smartphone menjadi pilihan favorit banyak orang selain blackberry. Kecanggihan fitur yang ada pada smartphone mampu memikat para calon penggunanya. Banyak fitu dari smartphone yang selalu atau menajdi favorit, diantaranya adalah, bermain game, nonton film dan menonton film. Ketika smartphone digunakan untuk fitur-fitur tersebut, maka otomatis kinerja baterai pun kan terkuras sesuai dengan pemakaian. Yang menajdi masalah ada ketika smartphone dengan kecanggihan fitur-fiturnya, namun justru tidak memiliki baterai yang dapat bertahan seharian penuh. Hal ini masuk akal di karenakan pemakaian terhadap fitur-fitur yang ada. 

Untuk mengatasi cepat terkurasnya baterai pada smartphone, para produsen gadget canggih ini bekerja keras dalam upaya menemukan formula atau solusi untuk hal tersebut. namun untuk sementara ini , siapkan lah selalu mengisi ulang baterai smartphone anda ketika malam hari, sehingga ke esok-an harinya dapat digunakan.

Berikut ini beberapa cara menghemat baterai pada smartphone :

1. Mode hemat daya atau baterai
Untuk Smartphone Android dan Windows Phone terdapat fitur mode hemat daya, yang pada umumnya terletak dalam menu pengaturan (setting). Jika mencapai level tertentu maka mode tersebut akan menyesuaikan secara otomatis. Pada level itu akan mematikan beberapa fungsi yang dapat membuat baterai bros, sperti facebook,kecerahan cahaya dan push email. Namun demikian untuk beberapa produk ada yang tidak memilikifitur menghemat daya, misalnya seperti Apple.

2. Kurangi update media sosial
Mendapatkan notifikasi update Facebook atau Twitter ke telepon seluler Anda (seperti push email) akan menghabiskan baterai, jadi matikan notifikasi. Sebagian telepon mempunyai fitur mematikan notifikasi dengan satu kali klik.

3. Matikan sinkronisasi email
Telepon seluler Anda mungkin memeriksa email setiap beberapa menit. Setiap kali hal itu dilakukan, konsumsi baterai akan meningkat. Ubahlah interval sinkronisasi email atau matikan sekalian. Kami menyarankan pengecekan email setiap 30 menit — dengan begitu Anda bisa memeriksa email Anda secara manual dan Anda akan menghemat baterai.

4. Tingkat kecerahan layar
Layar adalah hal yang paling memboroskan baterai. Semakin besar dan cerah layarnya, semakin besar pula konsumsi baterai. Hematlah baterai dengan memilih kecerahan layar yang otomatis menyesuaikan dengan kondisi sekitar.Pastikan kunci otomatis Anda berfungsi, jadi ketika telepon Anda sedang tidak digunakan, layar akan gelap untuk menghemat baterai. Wallpaper berwarna gelap juga membantu menghemat baterai. Jangan pasang telepon seluler Anda dengan mode getar, cukup Silent (sunyi) saja.

5. Matikan koneksi dan aplikasi yang tidak diperlukan
Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth ada pada hampir semua telepon seluler modern. Jika Anda lupa mematikan Wi-Fi saat meninggalkan rumah, maka telepon Anda akan terus mencari koneksi, dan ini menghabiskan baterai. Pastikan Anda mematikan semua koneksi sebelum keluar rumah. Meski Anda sedang tidak menggunakan aplikasi, kemungkinan aplikasi tersebut tetap berjalan, dan menghabiskan baterai. Jadi matikan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Untuk iPhone tekan tombol menu sebanyak dua kali, pilih ikon program dan klik tombol minus. Untuk smartphone Android, Anda bahkan bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi baterai. 

6. Jangan mendownload gambar
Mengunduh gambar ketika sedang browsing dan menggunakan email, adalah hal yang sebagian dari kita lakukan tanpa berpikir. Tapi setiap Anda mengunduh gambar Anda juga akan menggunakan banyak daya. 

7. Mode pesawat terbang
Smartphone akan selalu berusaha terhubung ke sebuah jaringan, entah itu jaringan seluler, Wi-Fi, atau jaringan data. Semakin keras usahanya untuk terhubung ke sebuah jaringan, semakin besar baterai yang terkuras.

8. Matikan flash dan Matikan telepon di malam hari
Ketika mengambil foto dengan smartphone Anda, gunakan lampu kilat dengan bijak. Pada kamera digital, lampu kilat sangat boros baterai, dan hal yang sama berlaku pada ponsel Anda, jadi daripada menggunakan mode otomatis, matikan lampu kilat saat berfoto dan gunakan seperlunya.
Malam hari adalah waktu sebagian orang mengisi ulang telepon seluler mereka, jika baterai Anda masih penuh, matikan telepon Anda.

(reff:yahoo)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus