Home » » Semarang, Tujuan Wisata Edukasi bagi Keluarga

Semarang, Tujuan Wisata Edukasi bagi Keluarga

Written By id bloggerbuzz on 5.7.13 | 5.7.13


Semarang, merupakan kota metropolis yang berkembang, memiliki banyak keajaiban alam dan sejarah yang harus dijelajahi. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah ini, terletak di Pantai Utara Jawa dan merupakan pelabuhan utama di sepanjang pesisir Pantai Utara. Banyak orang terkesima melihat bagaimana kota ini mempercantik diri dengan tetap mempertahankan budayanya yang heterogen. Di kota ini akan Anda rasakan sentuhan harmonisasi budaya Jawa bersama budaya China, Arab, dan Belanda.Posisinya Semarang yang terletak di Laut Jawa adalah strategis bagi perdagangan sejak dahulu. Kota ini sejak dahulu memang menjadi wadah pencampuran berbagai budaya dan etnis dari  Asia Timur dan Eropa. Sejarah Semarang berasal dari abad ke-9, ketika itu Semarang dikenal sebagai Pergota. Kota ini memiliki situs sejarah berupa bangunan kolonial dan monumen kolonial yang masih berdiri sampai saat ini.

Banyak tempat-tempat bersejarah yang harus di kunjungi untuk memperluas pengetahuan serta mengenal lebih mengenai sejarah bangsa Indonesia.Tempat-tempat bersejarah seperti makam Ki Ageng Pandanaran. Makam ini menandai tempat peristirahatan terakhir dari bagsawan pertama Semarang dan sampai saat ini masih banyak peziarah berkunjung ke makam ini setiap tahunnya. Selain itu ada pula Tuga Pemuda, ini merupakan monumen yang dibangun sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan heroik para pejuang Semarang melawan Jepang selama pertempuran 5 hari pada tahun1945. Dibangun pada tahun 1953, monumen ini mencerminkan sejarah kota Semarang dan Indonesia, dengan bentuk pahatan di bagian bawah monumen yang menggambarkan masa pendudukan Jepang yang kejam.

Berjalan-jalan di dalam kampung Cina yang berwarna warni dan melihat hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari di kota oriental ini. Ketika Anda berjalan-jalan melalui labirin dan gang-gang jalan, cobalah beberapa masakan Cina yang lezat. Kuil Gedung Batu adalah sebuah situs suci bagi warga Muslim Jawa dan Cina. Kuil kuno ini dibangun oleh Laksamana Cheng Ho yang merupakan utusan kaisar Ming pada awal abad ke-15. Ribuan peziarah masih setia mengunjungi kuil ini setiap tahun, khususnya pada upacara dan perayaan keagamaan.

Gereja Blendug adalah salah satu bangunan tua di Semarang,  kini gereja ini bernama Gereja GPIB Immanuel yang beralamat di Jl. Letjend. Suprapto 32 Semarang. Gereja tertua di Semarang ini dibangun oleh masyarakat Belanda yang tinggal di kota ini pada 1753. Gereja ini memiliki Kubah besar dilapisi perunggu, dan di dalamnya terdapat sebuah orgel Barok. Blendug sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti kubah, mengacu pada kubah gereja ini. Atapnya yang melengkung dan berwarna merah terasa kontras dengan dindingnya yang dicat putih. Empat pilar kokoh serta menara kembarnya yang khas di bagian depan juga menjadi ciri khas gereja ini. Gereja Blendug telah menjadi ikon Kota Semarang dan selalu menjadi lokasi persinggahan wisatawan sejarah maupun para pecinta fotografi.

Goa Kreo adalah sebuah goa kecil yang terletak di Dukuh Talun Kacang , Desa Kandri Semarang Selatan/Gunung Pati. Goa ini dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijogo saat mencari kayu jati guna membangun Masjid Agung Demak. Ketika itu menurut legenda Sunan Kalijogo bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Kata "Kreo" berasal dari kata "Mangreho" yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai pennggu. Selain menikmati pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk serta bertemu dengan kera penunggu kawasan ini, pengunjung juga bisa menikmati aliran sungai yang dingin dan segar di bagian bawah daerah ini.

Wah begitu banyak tempat yang menarik di Semarang, pasti akan membuat aktivitas liburan menjadi padat. Liburan di kota Semarang memang mengasyikan. Selain relaksasi yang didapatkan, edukasi juga akan didapatkan dengan mengenal tempat-tempat bersejarah. jadi tunggu apa lagi..sudah kah anda merencanakan liburan kali ini?..jika belum, Semarang bisa menjadi alternatif pilihan liburan keluarga anda.

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus