Home » , , » Surabaya Youth Carnival

Surabaya Youth Carnival

Written By id bloggerbuzz on 17.11.13 | 17.11.13

Surabaya Youth Carnival 


Tak mau kalah dengan Jakarta, sejumlah pemuda Surabaya, Jawa Timur, dari berbagai komunitas siap menyelenggarakan Surabaya Youth Carnival (SYC). Ajang yang akan digelar di Surabaya Town Square pada 1 Desember 2013 ini, menurut Aini Hanifa selaku Ketua Panitia, adalah semacam perpaduan antara Indonesian Youth Conference dan Social Media Festival.

Latar belakang diselenggarakannya SYC adalah keinginan untuk membuat komunitas-komunitas di Surabaya bertemu lalu bisa saling berkolaborasi. Selain itu juga untuk mewadahi anak-anak muda yang ingin ada satu acara berkelas di Surabaya. Selama ini anak muda Surabaya belum punya itu dan terpaksa iri melihat melimpahnya acara, istilah mereka, keren di Jakarta, Bandung, ataupun Jogja. 50 komunitas ikut meramaikan SYC. Karena keterbatasan tempat dan alasan lainnya, terkumpullah 18 komunitas yang menyatakan kesediaan bergabung. Di antaranya adalah: Akademi Berbagi Surabaya, Indonesia Youth Motion, dan AIESEC.

Selanjutnya dirangkul pula enam pembicara yang dibagi ke dalam dua sesi, pendidikan dan kreativitas. Anies Rasyid Baswedan (penggagas Indonesia Mengajar), Iwan Setyawan (penulis novel 9 Summers 10 Autumns), dan Rene Suhardono (penulis buku Your Job is Not Your Career) akan berbicara tentang pendidikan. Sedangkan Handry Satriago (Presiden Direktur General Electric), Melanie Subono (musisi), dan Shafiq Pontoh (penggagas Social Media Festival) berbicara soal kreativitas.

Saat ini SYC belum memilih toko asli Surabaya sebagai pembicara dengan alasan untuk menarik massa anak muda Surabaya. Pasalnya, menurut Aini, anak muda Surabaya kerap meremehkan jika yang hadir hanya kelas lokal. Pemilihan tema pendidikan dan kreativitas pun punya alasan sederhana: ke-12 panitia SYC aktif di organisasi pendidikan dan kreativitas.

Bagi yang ingin mengikuti sesi wicara, dikenakan biaya Rp 100.000 dan dibatasi hanya 200 peserta per ruangan. Di luar itu, siapa saja bisa bebas hadir di Surabaya Town Square untuk mengunjungi Creative Market SYC yang punya 20 booth. Akan ada pula penampilan dari seniman-seniman Surabaya.(beritasatu)

0 komentar:

Post a Comment

FYI !! .. Harap Komentar Sesuai Konteks .. Terima Kasih..

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus