Home » , , , , , , , , , » Transformasi Teknologi Komunikasi dalam Mendukung Perkembangan UMKM di Indonesia

Transformasi Teknologi Komunikasi dalam Mendukung Perkembangan UMKM di Indonesia

Written By admin on 25.8.14 | 25.8.14


Usaha Kecil, Mikro dan Menengah atau di singkat UMKM, merupakan salah satu pondasi perekonomian Indonesia. Sebagai salah satu pondasi perekonomian bangsa sudah selayaknya mendapatkan porsi perhatian yang cukup dari pemerintah maupun swasta.

Bidang Usaha Kecil, Mikro dan Menengah yang kini semakin menggeliat diakibatkan juga oleh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin maju. Mengapa demikian? sebab di era globalisasi informasi seperti saat ini, penggunaan teknologi komunikasi seperti contohnya ponsel sudah menjadi sebuah kebutuhan. Ponsel tidak lagi barang mewah yang tidak terjangkau [oleh sebagian kalangan], akan tetapi menjadi sebuah kebutuhan penunjang komunikasi hingga sebagai sarana informasi dan hiburan. Bisa dikatakan semua orang kini memiliki ponsel, mulai dari yang low-end hingga hi-end. Ponsel yang banyak beredar pun kini sudah memiliki fitur yang canggih dan modern. Bisa internet-an merupakan syarat wajib bagi sebagian besar pengguna ponsel. Melalui teknologi internet yang ada didalam ponsel inilah orang dapat mengakses internet dan sosial media. Kini sosial media sudah banyak digunakan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Sosial media sebagai hasil dari transformasi teknologi infomasi dan komunikasi kini menjadi salah satu media promosi penting bagi UMKM. Karena dengan memanfaatkan hadirnya sosial media, UMKM dapat mempromosikan sekaligus memasarkan produk/jasa  secara massal. Dengan demikian UMKM akan memperoleh manfaat berupa dapat perluasan merek dan jaringan. Perluasan merek dengan menggunakan sosial media bisa membantu produk/ merek dikenal oleh calon konsumen dan meneguhkan kembali produk/merek kepada konsumen. Melalui sosial media, UMKM dapat membangun jaringan pemasaran yang luas.  

Selain sosial media, terdapat juga aplikasi komunikasi yang dapat menunjang berkembangnya UMKM di Indonesia. Seperti aplikasi BBM, Whatapps dan lain-lain. Melalui penggunaan aplikasi komunikasi ini, UMKM dapat lebih cepat dalam meng-informasikan produk/jasa. Selain itu aplikasi ini dapat menjadi sarana menjaga hubungan baik antara produsen dan konsumen.  Aplikasi lain yang juga mendukung UMKM adalah aplikasi toko online. Dewasa ini banyak bermunculan situs toko online beserta aplikasinya. Untuk UMKM yang tidak memiliki modal besar, bisa mempromosikan serta menjual barangnya melalui toko online tersebut.
Salah satu situs toko online yang juga memiliki aplikasi untuk smartphone dan menyediakan ruang bagi UMKM untuk memasarkan produ/jasanya adalah Elevenia. Elevenia ini merupakan bentuk kontribusi pihak swasta dalam peran serta membantu berkembangnya UMKM. Kenapa demikian?.. karena setiap produk/jasa yang dimiliki oleh UMKM dapat dipasarkan melalui Elevenia. Mengapa memilih Elevenia sebagai salah satu media promosi serta pemasaran bagi UMKM? .. karena elevenia memiliki situs dengan tampilan yang mudah dipahami, toko online ini juga memiliki aplikasi mobile dan sistem transaksi pun aman. Daya jangkau yang dimiliki Elevenia sangat luas, mobile dan aman. Hal ini tentunya bisa memberikan keuntungan bagi UMKM untuk memanfaatkan Elevenia sebagai media pemasaran produk/jasanya. Karena dengan menggunakan Elevenia sebagai media pemasaran sekaligus promosi usaha, UMKM tidak perlu repot lagi menyediakan situs atau-pun sistem pembayarannya. Di Elevenia telah disediakan sarana untuk penjual seperti studio foto untuk mem-foto produk yang ingin di jual, program pelatihan dan workshop yang menarik. Selain itu sistem pembayarannya aman dan terpercaya.  Sarana transaksi yang terpercaya dan aman ini menguntungkan bagi penjual maupun pembeli. UMKM tidak perlu repot lagi menyediakan jasa customer service 24 jam jika menggunakan Elevenia sebagai media pemasarannya, karena sudah tersedia disini.

Transformasi teknologi komunikasi membantu perkembangan UMKM
Begitu banyak transformasi teknologi komunikasi yang bisa ditemukan sekarang ini, dimana tranformasi ini memberikan peranan tersendiri pada masing-masing sektor. Dalam hal ini, peranan transformasi teknologi komunikasi mampu membantu perkembangan UMKM di Indonesia. Terlebih pada tahun 2015 akan memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) atau pasar bebas Asean. Dimana persaingan akan menjadi lebih ramai lagi. Untuk itulah pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi bagi UMKM dipandang sangat perlu. Peranan pemerintah dan swasta dalam menyambut pasar bebas ini adalah membantu meng-edukasi UMKM untuk bisa memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi yang tersedia sebagai sarana promosi dan pemasaran. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada ini maka UMKM dapat bersaing dengan produk dari luar yang masuk ke Indonesia. Untuk itulah diperlukan sinergi yang tepat antara pemerintah dan swasta, agar UMKM Indonesia mendapat tempat khususnya didalam negeri. Serta peran masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri. Dengan demikian UMKM agar semakin berkembang dan mampu bersaing ketika menghadapi pasar bebas Asean nanti.

0 komentar:

Post a Comment

FYI !! .. Harap Komentar Sesuai Konteks .. Terima Kasih..

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus