Home » , , , , , , , , , , » Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Memudahkan Manusia

Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Memudahkan Manusia

Written By admin on 11.8.14 | 11.8.14

Elevenia-Online Store

Munculnya beragam aplikasi dalam teknologi komunikasi yang mampu memudahkan kehidupan manusia. Benarkah demikian?.. sebelum-nya kita cari tahu dulu apa definisi dari teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lain (wikipedia.org). Pada era ini globalisasi informasi ini, informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Kebutuhan dan kemudahan sudah seperti supply and demand. Kemudahan serta kebutuhan untuk mendapatkan informasi yang diinginkan tidak terlepas dari perkembangan teknologi komunikasi yang diiringi oleh teknologi informasi yang juga turut berkembang. Teknologi informasi sendiri berarti teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi (wikipedia). Teknologi komunikasi semakin berkembang memudahkan manusia berinteraksi tanpa terhalang ruang dan waktu lagi. Melalui perpaduan teknologi komunikasi dan teknologi informasi, atau TIK (ICT) yang sering kita dengar sekarang ini. Melalui teknologi informasi dan komunikasi, kita dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Tidak ada lagi sekat yang dapat membatasi komunikasi atau interaksi terjadi.

Kemajuan teknologi informasi dan teknologi memacu kreativitas para programer untuk membuat beragam aplikasi. Aplikasi yang dibuat ini akan memudahkan dalam hal mencari informasi atau menyebarkan informasi, sarana hiburan komunikasi/ berinteraksi. Aplikasi yang paling banyak dan sering digunakan dewasa ini adalah belanja online, pemesanan online dan sosial media. Ketiga aplikasi ini paling banyak orang menggunakannya. 

Bagi sebagian besar orang yang memiliki rutinitas padat, aplikasi-aplikasi tersedia dalam banyak platform ini dirasakan sangat membantu untuk memudahkan serta menghemat waktu. Seperti misalnya aplikasi belanja online atau toko online Elevenia . Elevenia merupakan hasil kerjasama XL Axiata dengan perusahaan layanan online dan mobile Korea Selatan SK Planet. Elevenia juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh via google playstore (android) dan apps store (ios). Saya sendiri merasakan manfaat dari Elevenia ini, dimana saya dapat belanja online tanpa harus kehilangan waktu dan tenaga ketika sedang dalam rutinitas yang padat. Saya merasakan teknologi ini bisa memudahkan manusia dalam hal berbelanja. Ketika sedang sibuk dan tak ada waktu maka aplikasi belanja online elevenia ini bisa sangat membantu manusia. Sehingga aktivitas rutin tetap berjalan dan belanja pun tidak tertunda. Karena waktu sangatlah berharga maka aplikasi belanja online ini akan sangat membantu kita dalam hal memenuhi kebutuhan belanja disaat waktu tidak memungkinkan untuk datang langsung ke toko. Selain Elevenia, masih banyak situs dan aplikasi toko online/ belanja online lainnya yang menyediakan beragam jenis barang, mulai dari fashion hingga kebutuhan sehari-hari. Aplikasi toko online/ belanja online didukung oleh sistem pembayaran yang aman. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan kehilangan uang ketika transaksi dilakukan. Semua sudah diatur sedemikian rupa agar mudah, aman dan nyaman.

Selain aplikasi belanja online terdapat pula asitus dan aplikasi pemesanan tiket online, bagi anda yang sibuk ingin berlibur namun tidak sempat untuk melakukan pemesanan tiket, akomodasi dan transportasi. Situs dan aplikasi pemesanan online ini dibuat untuk memudahkan orang dalam hal memesan/membeli tiket, akomodasi dan transportasi. Situs dan aplikasi ini juga dilengkapi oleh sistem pemesanan dan pembayaran yang mudah serta aman. Dan bagi anda yang mencari tumpangan dari satu tempat ke tempat lain atau bahkan teman mudik. Tersedia aplikasinya, dan tentunya untuk hal memberi tumpangan ini ada beberapa syarat yang diperlukan agar saling memberikan kenyamanan dan keamanan. Untuk mencari aplikasi belanja online dan pemesanan online, anda bisa mencari melalui situs pencarian yang ada di smartphone maupun pc.

Perkembangan jejaring sosial di tanah air sangat pesat. Banyak situs dan aplikasi sosial media serta forum bermunculan ke permukaan. Situs dan aplikasi ramai dikunjungi serta diunduh, dimana penggunanya sebagian besarnya adalah anak muda.  Maraknya situs dan aplikasi hasil karya anak bangsa turut membantu program pemerintah yang sedang mengembangkan sektor industri kreatif. Industri ini menciptakan entrepreneur yang kreatif serta lapangan kerja baru. Kemudian bagaimana situs dan aplikasi sosial media ini berkontribusi terhadap kemudahan manusia?. Alasan sebagian besar pengguna sosial media itu biasanya ingin meng-ekpresikan diri, nah dengan sosial media para pengguna dapat dengan mudah mengekspresikan diri dalam beragam cara. Diantaranya yang sering dilakukan adalah mengunggah foto-foto, video dan berbagi informasi. Selain kegiatan tersebut sosial media juga dapat menjadi sarana untuk mencari keluarga, teman lama atau pun baru dan membuat komunitas berdasarkan minat yang sama. Bisa saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu serta disain yang interaktif, hal ini lah yang membuat sosial media menjadi populer pada masa sekarang ini. 

Begitu banyak aplikasi tersedia yang dibuat sedemikian rupa untuk mengakomodir kebutuhan manusia. Nah kita sebagai manusia harus cermat dan bijak dalam memanfaatkan dan menggunakan aplikasi tersebut. Karena aplikasi ini dibuat sebagai alat untuk memudahkan beberapa hal, bukan untuk menggantikan. Oleh karena itu penggunaan yang bijak serta pemanfaatan yang tepat maka kita akan memperoleh keuntungan dan kemudahan yang diinginkan.

0 komentar:

Post a Comment

FYI !! .. Harap Komentar Sesuai Konteks .. Terima Kasih..

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus