Home » » Mengatasi Marah dalam Hitungan Detik

Mengatasi Marah dalam Hitungan Detik

Written By admin on 21.6.13 | 21.6.13



Saat marah, terkadang orang sulit untuk mengontrol dirinya. Jika tak pandai mengontrol emosi, bisa jadi seseorang yang marah bertindak berlebihan yang bisa merugikan dirinya sendiri atau orang lain. Maka, penting untuk mengetahui cara mengatasi marah agar emosi Anda lebih stabil. Berikut tip untuk mengatasi marah dalam 30 detik.


1. Beralihlah dari situasi yang membuat Anda marah. Jika Anda beradaa di rumah, segera pindah ke ruangan lain di dalam rumah atau pergi keluar sendirian. Jika Anda tidak sedang di rumah, jika memungkinkan, pindahlah ke tempat berbeda dari tempat saat Anda mulai marah. Tapi, jika keadaan tak memungkinkan untuk Anda pergi kemana-mana, upayakan sebisa mungkin untuk meredam amarah.


2. Tarik nafas dalam selama 5-10 detik. Fokuslah untuk menghitung jumlah detik ketimbang fokus pada pikiran yang membuat Anda marah. Tarik nafas perlahan melalui hidung dan hembuskan nafas melalui mulut.


3. Pikirkan tentang situasi saat Anda marah dan pahami apakah situasi itu merupakan sesuatu yang memicu kemarahan Anda. Penting untuk mengingat situasi atau sebab lainnya yang bisa membuat Anda marah. Sebab setiap orang memiliki penyebab kemarahan yang berbeda. Kadang dengan menyadari bahwa Anda tengah terpengaruh tekanan dari luar yang membuat Anda marah akan membantu Anda untuk lebih tenang.


4. Pikirkan solusi singkat untuk mengatasi masalah. Misalnya, jika Anda marah karena anak Anda menghabiskan terlalu banyak uang, maka Anda bisa pergi ke halaman rumah untuk mengalihkan emosi. Selain itu, Anda juga bisa pikirkan dari sekarang solusi jangka panjang untuk mengatasi kemarahan yang sesuai dengan kebiasaan atau karakter dan kepribadian Anda.(tempo)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus