Home » » Nyook Kite Jalan-Jalan ke Kota Tua Batavia

Nyook Kite Jalan-Jalan ke Kota Tua Batavia

Written By id bloggerbuzz on 21.6.13 | 21.6.13


Jakarta..siapa yang tidak tahu kota Jakarta sebagai ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan segala kompleksitasnya, Jakarta tetap menarik perhatian. Mari kita kesampingkan dulu mengenai problematika Jakarta, sekarang saatnya jelajah Jakarta.

Jelajah jakarta kali ini akan menjelajahi Kota Tua Batavia atau juga di kenal dengan Kota Tua Jakarta. Siapa yang tidak tahu dengan kota tua ini,mungkin sebagian belum ada yang tahu. Kota Tua Batavia atau Kota Tua Jakarta merupakan cikal bakal adanya Kota Jakarta yang kita kenal saat ini. Bersama dengan Kota Tua Batavia, pelabuhan sunda Kelapa juga turut memberikan peran dalam terbentuknya Kota Jakarta. Dahulu Batavia luasnya hanya sekitar 139 hektar saja, namun seiring makin maraknya aktivitas perdagangan maka wilayah Batavia diperluas menjadi 846 hektar. Wilayah yang diperluas tersebut meliputi Pelabuhan Sunda Kelapa, Pasar Ikan, hingga Pecinan Glodok. Namun sebenarnya wilayah yang menjadi pusat kota Batavia adalah balaikota atau yang saat ini dikenal dengan Museum fatahilah serta daerah di sekitarnya. Nama Batavia sendiri diambil dari leluhur bangsa Belanda yaitu ‘Batavieren’. Tujuan mengambil nama ‘Batavieren’ oleh VOC pada saat itu adalah untuk menghormati leluhur mereka. Kemudian penduduk pribumi multietnis yang berada di kawasan ini disebut ‘Batavianen’ yang kini dikenal dengan Betawi.

Akses menuju Kota Tua Batavia
Akses menuju Kota Tua Batavia bisa melalui berbagai arah dari sudut-sudut kota Jakarta. Jika anda ingin menggunakan bus Trans Jakarta, dapat naik dari terminal Blok M. Bus trans Jakarta yang melayani rute Blok M – Kota adalah bus Trans Jakarta koridor 1. Setelah sampai di halte kota, anda dapat melanjutkan dengan berjalan kaki menuju Kota Tua Batavia. Jika anda menggunaka kereta api, sekarang banyak kereta api yang berakhir di stasiun Jakarta Kota. Stasiun ini juga letaknya berdekatan dengan Kota Tua Batavia. dari Stasiun ini anda dapat memilih berjalan kaki atau naik ojek sepeda yang banyak mangkal di depan stasiun Jakarta Kota. Alternatif angkutan lain terdapat angkutan kota yang memiliki tujuan akhir Kota, misalnya bus patas 79 (Rambutan-Kota). Dapat pula menggunakan mikrolet, yaitu: Mikrolet M-12 (Pasar Senen-Kota), Mikrolet M-08 (Tanah Abang-Kota), atau Kopaja 86 (Grogol-Kota). Jadi mudah bukan untuk mencapai Kota Tua Batavia ini, anda tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.


Aktivitas Wisata yang bisa dilakukan di Kota Tua Batavia
Kegiatan wisata yang paling populer wisatawan lakukan di Kota Tua Batavia adalah fotografi dan jalan-jalan naek sepeda keliling Kuta Tua. Banyak pencinta fotografi mengambil setting Kota Tua Batavia sebagai latar fotonya. Karena keindahan arsitektur bangunannya sangat menawan. Kota Tua Batavia menjadi favorit fotografer sebagai lokasi pemotretan pre-wedding bergaya klasik dan santai. Kostum apapun yang dikenakan sepertinya sangat cocok dengan latar belakang gedung tua yang bernuansa arsitektur Belanda. Untuk melakukan sesi pemotretan di lokasi ini tidak dikenakan biaya, namun lain hal jika ini menggunakan properti seperti sepeda ontel, mobil dan motor kuno, akan dikenakan biaya.

Selain sebagai lokasi pemotretan dan jalan-jalan menggunakan sepeda, di Kota Tua Batavia juga bisa mengunjungi Museum FatahillahMuseum Wayang, Museum Seni Rupa, Museum Mandiri, dan Stasiun Kereta Api Kota.  Semua museum ini letak nya berdekatan sehingga tidak perlu lagi mencari angkutan untuk bisa mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah ini. Lain soal jika anda ingin menikmati perjalanan mengunjungi bangunan ini dengan sepeda ontel, tentu akan menambah seru perjalanan anda.

Selain menikmati bangunan bergaya arsitektur Belanda, anda juga akan dapat menikmati kuliner yang banyak terdapat dilokasi ini. Tempat kuliner yang paling terkenal di lokasi ini adalah cafe Batavia dan Cafe Gazebo . Cafe Batavia ini terletak di Taman Fatahilah yang masih satu areal dengan Museum Fatahilah. Disini anda akan dimanjakan oleh alunan musik khas tempo dulu sambil menyanatap hidangan andalan Cafe batavia ini. Bagi anda yang menyukai kuliner tradisional, dapat memilih Kafe Gazebo. Kafe gazebo ini menyediakan hidangan ala kaki lima yang tidak kalah lezatnya. Selain kedua kafe ini terdapat pula disekitar lokasi ini beberapa restoran yang tidak kalah menarik dan mantab rasanya.

Menjelajahi Kota Tua Batavia akan memberikan pengalaman tersendiri. Di Kota Tua Batavia anda akan dapat menikmati wisata sejarah, wisata edukasi dan juga wisata kuliner. Begitu lengkapnya pengalaman yang akan anda dapatkan disini, jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi Kota Tua Batavia..apalgi sekarang bertepatan dengan HUT Kota Jakarta,wah..pasti seru. Nyook kite jalan-jaln ke Kota Tua Batavia



Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus