Home » » Jelajah Desa Kinahrejo dan Prosesi Labuhan Merapi

Jelajah Desa Kinahrejo dan Prosesi Labuhan Merapi

Written By id bloggerbuzz on 20.8.13 | 20.8.13

Prosesi Labuhan Merapi (sumber travel.detik.com)


Menjejakan kaki dan menjelajahi 7 keajaiban Nusantara bersama Terios pasti akan menjadi kebanggaan serta  pengalaman luar biasa. Salah satu keindahan dari 7 keajaiban alam nusantara yang dewasa ini menjadi ikonik, salah satunya adalah Desa Wisata Kinahrejo. Desa Kiharejo ini merupakan sebuah desa yang berada persis di kaki gunung merapi. Desa kinahrejo ini menjadi saksi kedahsyatan letusan gunung merapi yang terjadi pada tahun 2010 silam. Akibat letusan gunung merapi desa kinahrejo ini menjadi rata dengan tanah. Awan panas telah menghanguskan semua tumbuhan dan bangunan yang ada. Pada bencana erupsi gunung merapi tahun 2010 ini seorang tokoh fenomenal, yang menjadi ‘kuncen’ gunung merapi yaitu Raden Raden Ngabehi Surakso Hargo atau yang lebih dikenal dengan Mbah Marijan turut menjadi korban. 


Desa Wisata Kinahrejo (sumber indonesia.travel)

Uniknya Desa Wisata Kinahrejo
Meskipun situasi dan kondisi desa kinahrejo telah luluh lantak akibat wedus gembel (julukan untuk awan panas yang turun dari gunung merapi), justru hal ini menarik para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal namun juga manca negara tertarik untuk mengunjungi desa kinahrejo. Para wisatawan ini tertarik melihat bagaimana gunung merapi dengan dahsyatnya meluluh latakan desa ini. Konon dahulu ketika gunung merapi erupsi, suhu awan panasnya bisa mencapai 600 derajar celcius, sungguh luar biasa bukan. Namun di balik sebuah bencana akan memiliki sebuah makna. Kini desa kinahrejo telah menjadi sebuah desa wisata yang ramai di kunjungi oleh para wisatawan lokal dan manca negara. Alam desa kinahrejo sangatlah subur, dikarenakan abu vulkanik yang di hasilkan dari erupsi gunung merapi ini mengandung minera-mineral yang membuat tanah menjadi subur.
Desa Wisata Kinahrejo (sumber indonesia.travel)

Kini desa kinahrejo telah menjadi hijau kembali. Potensi wisata yang ada pada desa ini sangat beragam. Mulai dari wisata alam, wisata Budaya, wisata petualangan, dan wisata edukasi. Alam desa wisata kinahrejo sangatlah indah dan mempesona. Keindahan mentari pagi menampakan diri dapat disaksikan dari desa kinahrejo. Dan jika anda merasakan keindaham alam sambil merasakan petualang, anda dapat mendaki gunung merapi pada siang hari. Dari puncak gunung merapi ini bisa melihat kota Yogyakarta.


Prosesi Labuhan Merapi (sumber travel.detik.com)

Upacara Adat Labuhan Merapi
Selain keindahan alam desa kinahrejo yang berada di kaki gunung merapi. Yogyakarta juga memiliki daya tarik adat budaya yang berhubungan erat dengan gunung merapi, yaitu Upacara adat Labuhan Merapi. Labuhan ini berasal dari kata “labuh” yang memiliki arti persembahan. Jadi Labuhan Merapi bisa diartikan sebagai sebuah upacara adat yang menjadi tradisi turun temurun untuk memberikan persembahan kepada yang Maha Kuasa. Upacara adat Labuhan Merapi ini dimaksudkan untuk memohon berkah keselamatan kepada Allah untuk masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar lereng Merapi. Adat budaya Labuhan Merapi ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Upacara Labuhan Merapi ini hanya boleh dilaksanakan atas perintah raja sebgai kepala pemerintahan, kepala kerjaan dan pemnagku adat. Upacara ini dipimpin oleh seorang juru kunci (kuncen) yang telah ditunjuk oleh keraton Yogyakarta. 

Upacara adat Labuhan Merapi yang menjadi sebuah tradisi sakral ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun luar negeri. Tak heran jika tradisi ini sedang berlangsung, ribuan orang akan berbondong-bondong mengikuti setiap prosesi Labuhan Merapi, termasuk para wisatawan ikut berbaur.
setiap prosesi Labuhan Merapi, termasuk para wisatawan ikut berbaur.

Keindahan alam, keunikan adat dan budaya ini-lah yang mampu menghipnotis wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta. Dan tak lengkap apabila berkunjung ke Yogyakarta tanpa menjelajahi gunung merapi serta singgah menikmati indahnya pemandangan alam desa wisata kinahrejo.





Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus