Home » , , » Ilmuwan Indonesia menemukan Spesies Ikan Karang Baru

Ilmuwan Indonesia menemukan Spesies Ikan Karang Baru

Written By id bloggerbuzz on 13.11.13 | 13.11.13

Ilmuwan Indonesia menemukan Spesies Ikan Karang Baru

Ilmuwan Indonesia telah menemukan Spesies ikan karang baru di perairan Nusa Tenggara Timur, dan nama spesies ikan itu dinamakannya sesuai dengan nama ilmuwan Indonesia yang menemukannya. Ikan tersebut dinamakan Paracheilinus rennyae sebagai apresiasi atas kontribusi ilmiah ahli ikan Renny Kurnia Hadiaty dari Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong.

Ikan wrasse yang merupakan spesies baru untuk ikan karang hanya dapat ditemukan di terumbu-terumbu karang wilayah barat daya Pulau Flores dan Taman Nasional Komodo di NTT.Ikan wrasse ini sangat cantik dan indah sekali warnanya. Ikan wrasse ini adalah spesies ke-17 yang diketahui dari kelompok ikan flasherwrasse. Ikan  ini memiliki keunikan dalam hal pola warnanya, terutama bentuk bulat dari sirip punggung, sirip anal dan ekor. Spesies baru  ini terbukti secara genetik berbeda dengan semua flasherwrasse lain yang diketahui di kawasan Segitiga Karang. Kerabat terdekatnya adalah Paracheilinus angulatus dari Kalimantan Timur, Brunei, Sabah dan Filipina Selatan.


Ikan-ikan flasherwrasse dengan cepat menjadi kelompok ikan favorit di kalangan penyelam dan fotografer bawah air. Hal ini karena pola warna biru elektrik dan merah hanya nampak disaat ritual kawin harian mereka yang biasanya terjadi sekitar satu jam sebelum matahari terbenam. Pada saat itu, biasanya jantan berwarna kecoklatan naik di kolom air dan "memancarkan" warna spektakuler mereka untuk kawin sambil menegakkan sirip-sirip mereka dan berenang dengan pola pendek-pendek yang sangat cepat sebagai upaya untuk mengesankan ikan-ikan flasherwrasse betina di dekatnya yang akan terdorong untuk memijah.(voa)

0 komentar:

Post a Comment

FYI !! .. Harap Komentar Sesuai Konteks .. Terima Kasih..

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus