Home » » Manajer Sukses di Segani Bawahan? ini Caranya

Manajer Sukses di Segani Bawahan? ini Caranya

Written By id bloggerbuzz on 25.11.13 | 25.11.13

Cara berkomunikasi yang baik

Posisi menjadi seorang pemimpin memang tidak mudah. Hal yang selalu mengikuti posisi ini adalah target yang tinggi dan harus bisa mengatur timnya. Untuk itu lah anda butuh strategi yang matang dan cerdas dalam mengelola pekerjaan, serta memimpin anggota tim Anda. Nah, ini beberapa tip lansiran merdeka.com berikut adalah tips ampuh menjadi seorang manajer yang sukses dan dihormati oleh bawahan.Yuk simak tipsnya!

  • Belajar caranya mendelegasikan
  • Sebagai seorang manajer, sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk bisa mengetahui siapa yang akan menjadi pilihan terbaik untuk suatu tugas tertentu. Untuk memahami itu, Anda harus memperhatikan potensi dan kekurangan dari masing-masing anggota tim Anda. Ini tentunya memerlukan suatu analisis dan observasi.
  • Memberi contoh
  • Setiap kali Anda memberikan arahan kepada anggota tim untuk bekerja dengan cara tertentu atau mengikuti etika kerja tertentu, Anda harus memastikan bahwa Anda sendiri telah melakukannya dengan benar, sesuai dengan apa yang telah Anda sampaikan. Misalnya, Anda tidak bisa mengharapkan anggota tim Anda datang tepat waktu, jika Anda sendiri masih sering datang terlambat. Tim Anda akan menghormati Anda, jika mereka melihat Anda telah mengikuti semua hal yang telah Anda ajarkan kepada mereka.
  • Tahu caranya memotivasi tim
  • Sebagai seorang manajer, Anda harus tahu bagaimana cara untuk memotivasi tim Anda. Ini tentunya membutuhkan pemahaman yang mendalam dari anggota tim Anda dan Anda perlu mengasah kemampuan untuk melihat kelebihan pada setiap anggota tim.
  • Berikan umpan balik yang membangun
  • Alih-alih membeberkan semua kesalahan dan kekurangan yang dimiliki oleh anggota tim Anda, Anda harus belajar bagaimana cara untuk memberikan umpan balik yang lebih membangun. Ini tidak hanya akan membantu seseorang untuk menyadari kesalahannya, tetapi juga memotivasi anggota tim Anda untuk tidak mengulangi kesalahan itu.
  • Menjaga kekompakan anggota tim
  • Bila Anda memiliki beberapa orang yang bekerja di bawah Anda sebagai sebuah tim, Anda akan mengalami beberapa bentrokan ego atau masalah pribadi di antara mereka. Ini adalah tanggung jawab Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk menjaga tim Anda bisa bekerja dengan baik. Anda harus memahami karakter masing-masing tim. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak berat sebelah terhadap salah seorang anggota dan memperlakukan mereka semua dengan cara yang sama.
  • Bertanggung jawab atas kesalahan Anda
  • Hanya karena Anda adalah seorang manajer, tidak berarti bahwa Anda tidak pernah melakukan kesalahan. Suatu saat, Anda bisa saja mengambil keputusan yang salah atau melakukan kesalahan dalam pekerjaan Anda. Ingat, jangan pernah menutupi kesalahan Anda dan mencari-cari alasan untuk membenarkan tindakan Anda. Akuilah kesalahan Anda dan bertanggung jawablah atas apa yang telah Anda lakukan. Sikap ini akan menular kepada bawahan Anda dan sekaligus menginspirasi setiap anggota tim untuk mengikutinya.
  • Tahu cara berkomunikasi yang baik
  • Sangat penting bahwa Anda dapat menyampaikan pesan dengan jelas, tanpa harus mengulangi berkali-kali kepada anggota tim Anda. Anda juga harus jelas tentang tujuan dan sasaran Anda dalam bekerja. Juga, belajarlah untuk berkomunikasi dengan baik. Mulailah belajar untuk mencari tahu kapan Anda harus bicara dan bagaimana caranya mengatakan hal-hal yang ingin Anda sampaikan agar orang lain tak salah mengartikannya.

0 komentar:

Post a Comment

FYI !! .. Harap Komentar Sesuai Konteks .. Terima Kasih..

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus