Home » » YouTube Mesin Pencari Video dan Berita Populer

YouTube Mesin Pencari Video dan Berita Populer

Written By id bloggerbuzz on 27.7.12 | 27.7.12


YouTube Mesin Pencari Video dan Berita Populer



YouTube, siapa yang tidak kenal dengan salah satu media sosial terkenal dan paling banyak digemari ini ( populer ). Dari waktu ke waktu YouTube semakin dikenal hingga seperti sekarang ini. Namun tidak menutup kemungkinan ada yang masih belum mengetahui apa itu YouTube. Karena tidak semua orang dapat mengikuti perkembangan teknologi dan media. Terlebih jika yang pada masa-nya belum terdengar mengenai YouTube. Untuk singkatnya, YouTube merupakan sebuah situs video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.

Sejarah Perkembangan YouTube

YouTube pertama kali didirikan pada bulan Februari 2005. YouTube ini di awali oleh tiga orang orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Berdasarkan kesamaan minat inilah ketiga mantan karyawan paypal ini mendirikan YouTube. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. Melihat potensi besar YouTube, Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Google yang terkenal dengan mesin pencarian-nya kini melebarkan sayap untuk menambah mesin pencarian-nya, dengan YouTube, maka Google juga memiliki mesin pencari video yang populer.

Dampak sosial YouTube

Sebuah perkembangan teknologi baru akan memiliki dampak sosial, baik langsung maupun tidak langsung. Terlebih teknologi yang berhubungan dengan media sosial. Dari judulnya saja "teknologi media sosial", sudah tentu akan memberikan dampak sosial. Salah satu dampak sosial yang ditimbulkan oleh YouTube sebagai mesin pencari video/ berbagi video, adalah munculnya beberapa artis dadakan, sebut saja yang paling fenomenal ( di Indonesia ) adalah Briptu Norman dengan lipsync lagu Chaiyya Chaiyya, dan Shinta dan Jojo dengan lipsync lagu keong racun. Mengapa menjadi fenomenal? , bayangkan saja video yang di unggah  ke mesin pencari video/berbagi video, YouTube, yang merupakan salah satu media sosial yang populer telah memiliki pengguna setia. Dimana jumlah pengguna YouTube di Indonesia berkembang pesat. Maka secara otomatis video Briptu Norman dengan lipsync lagu Chaiyya Chaiyya, dan Shinta dan Jojo dengan lipsync lagu keong racun dapat dilihat dan disebarkan ke jutaan orang melalui situs jejaring sosial. Dengan demikian dengan sifat media sosial yang masif ini lah membuat Briptu Norman dan Shinta-Jojo menjadi fenomenal dan populer.

YouTube bukan hanya mesin pencari video

Seiring perkembangan teknologi media dan informasi. Penggunaan YouTube bukan hanya sebagai mesin pencarian video, namun juga sebagai tempat utama untuk pencarian berita. Hal ini senada dengan yang dikatakan oleh Pew Research Center. Pew Research Center telah melakukan 15 bulan masa penelitian. Pada penelitian ini terungkap jika berita merupakan tiga terbesar yang paling banyak orang cari di YouTube. Pew juga menyatakan bahwa, apa yang dicari dan kemudian ditonton orang dalam video itu merupakan jenis baru jurnalisme gambar.Dan yang paling banyak dari video itu direkam oleh saksi mata yang mendapati diri mereka terperangkap dalam tragedi tersebut. Sebagian besar dari video itu dimuat oleh saksi-mata, tetapi sebagian besar dimuat oleh organisasi berita yang mengikutkan berita yang disumbangkan oleh pengguna dalam berita yang mereka sediakan. Melalui hal ini, menunjukan jika YouTube menjadi semakin populer. Bukan hanya untuk mencari video akan tetapi juga untuk mencari berita. Terutama berita gambar yang langsung direkam oleh saksi mata suatu kejadian/ musibah/bencana alam. Inilah salah satu nilai atau kunci dari orang mencari berita, yaitu keakuratan data,informasi dan gambar tanpa ada rekayasa. Sehingga orang dapat menilai/mengetahui langsung kejadian/musibah/bencana alam yang terjadi. Namun tetap saja YouTube hanya sebagi mesin pencari video atau berita sekalipun sedang populer saat ini. Media televisi atau menonton berita di televisi masih menjadi peringkat pertama bagi orang yang mencari berita. Dilain sisi, keberadaan YouTube yang semakin Populer ini turut meningkatkan atau menumbuhkan minat orang untuk menjadi jurnalis ( citizen jurnalism ), membuat orang lebih kritis dan responsif terhadap kejadian di sekitarnya. Perpaduan yang sempurna bagi sebuah berita, yang di ambil dengan sudut dan pengalaman yang berbeda, sehingga membuat berita tersebut kaya akan nilai informatif .  

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus