Home » » Deteksi dan Proteksi dari Virus agar Surfing Aman

Deteksi dan Proteksi dari Virus agar Surfing Aman

Written By id bloggerbuzz on 3.8.12 | 3.8.12


Surfing atau berselancar di dunia maya (internet) sudah menjadi hal yang biasa dilakukan sekarang ini. Kadang waktu tidak terasa ketika sedang surfing, terlebih belum menemukan apa yang dicari. Namun dalam surfing harus juga diperhatikan keamanannya. Keamanan ketika mengunjungi  sebuah website kadang tidak begitu banyak kita perhatikan. Padahal tidak sedikit website yang “berbahaya” ketika di kunjungi, entah itu karena menyertakan spyware, spam, malware ( virus, trojan, adware dan lainnya) sampai bahkan untuk mencuri data penting di komputer kita. Bagaimana kita mengeahui sebuah website yang akan kita kunjungi aman atau tidak ?

Untuk mengetahui tingkat keamanan website, tidak jarang vendor security menawarkan kita untuk menginstall software atau plugins untuk web browser, misalnya SiteAdvisor software (dari McAfee), AVG Link Scanner, LinkExtend, Norton Safe Web Lite, BrowserDefender dan lainnya. Meskipun software ini sangat membantu, tetapi terkadang ini memperlambat proses browsing, karena setiap saat harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika setiap kali ingin Surfing kita harus mengecek, kan membuang waktu, dan juga membuang pulsa (jika pulsa terbatas). Ada cara lain selain men-download anti virus, yaitu dengan memfilter situs yang akan dikunjungi secara online atau scan web online.

Scan website online

Ketika anti virus malam memberatkan kerja komputer anda (karena mungkin memperberat proses loading website), maka scan web online merupakan solusi lain untuk memaksimalkan keamanan di saat surfing. Terdapat banyak alternatif untuk hal itu. Alternatifnya yang dapat dipilih untuk meyakinkan serta memaksimalkan saat surfing adalah memalui scan web online di bawah ini ( sebagai alternatif ) :

WOT (Web of Trust)
Situs online scan ini dapat membantu anda untuk memaksimalkan kemanan saat akan melakukan surfing. WOT memberikan layanan informasi keamanan sebuah website berbasis komunitas. Informasi yang diberikan seperti popularitas website, lokasi server, termasuk rating sebuah website ( tingkat kepercayaan, reliabilitas, keamanan privasi, keamanan untuk anak). Kita juga bisa melihat komentar pengguna lain.

Safe Browsing Tool - WOT (Web of Trust)

McAfee SiteAdvisor software
McAfee SiteAdvisor software dikenal sebagai penyedia anti virus. Namun selain anti virus, McAfee SiteAdvisor software juga menyediakan software toolbar untuk mengetahui keamanan sebuah website, kita juga bisa langsung mengecek online melalui Site Advisor. Informasi yang diberikan seperti kemungkinan website spam, menyebarkan spyware, adware dan berbagai informasi lainnya. Sayangnya Site Advisor sepertinya hanya mengecek root domain, misalnya ketika mencari ebsoft.web.id, maka hanya menampilkan root domain : web.id.
McAfee SiteAdvisor Software

Norton Safe Web
Norton sebagai salah satu vendor security juga menyediakan fasilitas online untuk mengecek apakah sebuah website aman, berbahaya atau harus diwaspadai. Informasi mencakup : bahaya untuk komputer, ancaman pencurian identitas, termasuk review komunitas.
Norton

BrowserDefender
Banyak situs online yang menawarkan untuk memaksimalkan keamanan saat surfing. BrowserDefender dibuat oleh PCTools, salah satu vendor keamanan. Melalui situsnya, kita bisa mengecek apakah sebuah website aman atau tidak. Tidak banyak informasi yang diberikan, hanya informasi bahwa website yang dicari anam atau tidak.
Browser Defender

Web Security Guard
Web Security Guard memberikan informasi yang detail tentang tingkat keamanan alamat sebuah website, seperti : informasi domain, server, rating pengguna serta review dari pengguna. Ini dapat menjadi alternatif lain untuk memaksimalkan keamanan saat surfing.
Web Security guard

Banyak sekarang ini situs yang meyediakan jasa keamanan komputer/pc. Hal ini seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih dan  spyware, spam, malware ( virus, trojan, adware dan lainnya) juga ikutan canggih. Maka dari itu agar dapat bijak dan memaksimalkan keamanan, maka scan web sebelum surfing akan sangat disarankan. Dari beberapa situs diatas, kita tidak bisa menentukan mana yang terbaik, tetapi sebaiknya digunakan beberapa untuk mengecek tingkat keamanan website yang akan kita kunjungi. Meskipun hasilnya tidak menjamin 100% akurat, tetapi paling tidak membuat kita lebih berhati-hati ketika akan mengunjungi sebuah website yang belum kita kenal. Hasil yang di dapat dari scan web online dapat menjadi acuan dalam surfing. Jadi, selamat surfing!
(ref:ebsoftwebid)

Pesan Tiket Pesawat Online

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus